HUT Damkar ke-96, Wako Ingatkan Tetap Kedepankan Profesionalisme  (Tim Damkar melakukan pemadaman simulasi kebakaran)
HUT Damkar ke-96, Wako Ingatkan Tetap Kedepankan Profesionalisme
(Tim Damkar melakukan pemadaman simulasi kebakaran)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT kembali mengingatkan seluruh personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru untuk tetap mengedepankan profesionalisme, tanggap, bertindak cepat dan tepat dalam menangani musibah kebakaran di Kota Pekanbaru atau daerah lain yang membutuhkan bantuan penanganan kebakaran baik bangunan fasilitas maupun lahan dan hutan.

Hal itu disampaikan Walikota saat menjadi Inspekttur Upacara HUT Damkar Nasional ke 96 tingkat Kota Pekanbaru, yang digelar Senin (16/3) di lapangan Bandar Serai area purna MTQ Pekanbaru.

HUT Damkar ke-96, Wako Ingatkan Tetap Kedepankan Profesionalisme
HUT Damkar ke-96, Wako Ingatkan Tetap Kedepankan Profesionalisme

Upacara yang digelar semi militer tersebut hadiri oleh Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekdako HM Syukri Harto, sejumlah anggota DPRD, para pejabat dilingkungan Pemko, serta Ketua Dharma Wanita D Febriani beserta para pengurus, dengan peserta upcara dari pasukan TNI, Polri, Perhubungan Satpol PP, Basarnas, Cevron, dan PMI.

Walikota menyebutkan bahwa tanggap darurat, kecepatan informasi, dan ketapan dalam bertindak, sangat diperlukan untuk mengurangi resiko dari musibah kebarakan itu, baik resiko korban harta apalagi korban nyawa.

“Kita selalu berupaya mendukung kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota pekanbaru, baik dalam hal penyiapan personil yang kuat, maupun fasiltas yang memadai. Agar setiap peristiwa kebaka ran maupun bencana yang memerlukan penanganan khusus, bisa dengan cepat teratasi,’’ ujar Walikota.

Walikota juga memperingatkan jajaran BPBD Damkar Kota Pekanbaru untuk tidak berpikir sempit dalam hal memandang tugas dan tanggungjawab dengan beralasan kepada manajemen dan aturan yang bisa merugikan banyak pihak terutama masyarakat luas.

“Soal bencana dan musibah adalah soal tanggap dan kepedulian. Maka kita harus memahami, bahwa kita wajib membantu setiap peristiwa yang terjadi baik di dalam wilayah kita maupun wilayah lain yang dapat terjangkau dengan cepat atau lebih cepat dari personil lainnya,’’ ujar Walikota berwanti-wanti.

Sementara itu, Kepala BPBD dan Damkar Kota Pekanbaru Drs H A Mius MSi kepada wartawan menyebutkan bahwa saat ini BPBD Damkar pekanbaru terus berbenah, baik dari segi SDM personil petugas maupun fasilitas yang diperlukan dan memadai.

Kepala BPBD Damkar Pekanbaru A Mius bersama para personil pemadam  foto bersama di  salah satu armada PMK milik BPBD Damkar Pekanbaru
Kepala BPBD Damkar Pekanbaru A Mius bersama para personil pemadam foto bersama di salah satu armada PMK milik BPBD Damkar Pekanbaru

“Kita sangat bersyukur kepada Allah serta berterimakasih kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, dimana dimasak kepemimpinannya Walikota sangat memperhatikan kondisi dan kebutuhan BPBD Damkar pekanbaru, etidaknya dalam dua tahun berturut-turut program peningkatan SDM terus dilaksanakan, serta penambahan armada PMK , ditambah lagi dengan pembangunan gedung Pos kecamatan untuk memudahkan dan mempercepat gerakan Dankar dalam melaksnakan tugas pemadaman api bilama mana terjadi kebakaran yang jauh dari kantor induk BPBD Damkar,” ujar Mius.

Ditambahkan A Mius, bahwa tahun 2015 ini BPBD Damkar Pekanbaru juga kembali mendapat tambahan kendaraan PMK, serta sejumlah fasilitas kelengkapan lainnya. Dan yang terpenting lagi menurut A Mius, juga diporgramkan sistim peringatan dini kebakaran atau bencana di Pekanbaru.

“Mudah-mudahan fasilitas dan kelengkapan alat untuk peringatan dini ini bisa terlaksana dan s ecepatnya diuji coba,” harap Mius.

Dalam upacara tersebut, Walikota beserta undangan juga menyaksikan simulasi pemadaman api kebakaran oleh masyarakat yang sudah dilatih secara tradisional serta pemadaman api dengan perlengakapan yang lengkap, dan dilanjutkan dengan pawai armada Damkar.***(advertorial/hms/chir)