Menteri Akui Pelayanan Pekanbaru Layak Dicontoh Daerah Lain (Menpan-RB Yudi Chrisnandi didampingi Plt Gubru Arsyad Juliandi Rachman, Walikota Firdaus ST MT mengunjungi ruang pelayanan  BPTPM Pekanbaru)
Menteri Akui Pelayanan Pekanbaru Layak Dicontoh Daerah Lain (Menpan-RB Yudi Chrisnandi didampingi Plt Gubru Arsyad Juliandi Rachman, Walikota Firdaus ST MT mengunjungi ruang pelayanan BPTPM Pekanbaru)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yudi Chrisnandi mengakui bahwa sistim pelayanan yang diberlakukan Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT melalui Badan Pelayan Terpadu dan Penanaman Moda (BPTPM) lyak dicontoh oleh daera lain di Indonesia bahkan Menteri sempat mencolek Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman untuk menyampaikan hal itu kepada Bupati dan Walikota lain yang ada di Riau.

Hal itu terucap dari mulut Mentri ketika melakukan kunjungan mendadak (ke Kantor Walikota Pekanbaru dan BPTPM Kota Pekanbaru, Selasa (17/3), dengan didampingi Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, dan disambut langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT.

Yang paling berkesan bagi Menteri adalah surat edaran Walikota dan Maklumat Kepala BPTPM, dimana dalam edaran Walikota tersebut diiingatkan secara resmi kepada seluruh pegawai di bidang pelayanan public untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Bahkan scara tegas diingatkan untuk tidak melayani perizinan yang menggunakan jasa calo, atau pihak lain yang tidak mempunyai badan hukum termasuk PNS dilingkungan Pemko maupun PNS dari daerah lain, karena hal itu bisa memberikan imej negatif masyarakat tehadap pelayanan BPTPM.

Menpan-RB Yudi Chrisnandi didampingi Plt Gubru Arsyad Juliandi Rachman, Walikota Firdaus ST MT, mendapat penjelasan dari Kepala BPTPM Pekanbaru Ir H Musa tentang sistim pelayan terpadu.
Menpan-RB Yudi Chrisnandi didampingi Plt Gubru Arsyad Juliandi Rachman, Walikota Firdaus ST MT, mendapat penjelasan dari Kepala BPTPM Pekanbaru Ir H Musa tentang sistim pelayan terpadu.

Begitu pula dengan maklumat Kepala BPTPM yang menarik perhatian Menpan-RB, dimana dalam maklumat tersebut ditegaskan bahwa BPTPM memberikan pelayanan yang baik, transparan dan akuntabel, apapabila masyarakat tidak mendapatkan pelayanan yang baik, maka masyarakat bisa menyampaikan langsung melalui kontak layanan pengaduan, selanjutnya kepala BPTPM akan memberikan sanksi atau pansimen kepada pegawai yang menyalahi sistim pelayanan dimaksud.

“Ini sangat bagus sekali, dan wajar saja Pekanbaru mendapat prediket dan penghargaan sebagai daerah pelayanan terbaik Nasional. Kita juga sangat mengapresiasi kekompakan Gubernur dan walikota dalam menggaet investor datang ke Riau dan pekanbaru pada khususnya. Dalam catatan kita s elama kepemimpinan pak Firdaus, tingkat masuknya investor ke Pekanbaru meningkat sangat tajam dalam dua tahun terakhir,’’ ulas Mentri lagi.

Menanggapi hal itu, Walikota pekanbaru Firdaus ST MT didampingi Kepala BPTPM Ir H Musa, menyebutkan bahwa apa yang diungkapkan Menpan-RB tersebut semakin memotivasi Pemko untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ini prestasi kita semua, pemerintah dan masyarakat, serta dukungan konkrit dari Pemprov Riau,’’ ujar Walikota sambil tersenyum.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri dan Plt Gubri juga menyempatkan berdialog dengan masyarakat yang sedang berusuan di kantor BPTPM Pekanbaru. “Cepat, mudah, ramah dan nyaman pak,’’ ujar seorang wanita sambil malu-malu di depan Menteri.***(advertorial/hms/chir)