Penting, Ini Dua Manfaat Utama Sarapan Bagi Siswa
Penting, Ini Dua Manfaat Utama Sarapan Bagi Siswa

SegmenNews.com- Kegiatan belajar di sekolah, sudah pasti akan menguras energi tubuh dan otak siswa. Beban kurikulum pendidikan semakin berat yang harus dipikul oleh siswa. Konon, ini dianggap bagus oleh sebagian orang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini.

Aneka jenis kegiatan belajar dari pagi sampai sore, mencakup kegiatan intra kurikuler dan ekstrakurikuler harus diikuti siswa. Tentu saja, semua aktivitas belajar di sekolah, menuntut kondisi pisik dan psikis siswa yang optimal.

Tujuannya agar siswa tidak mengalami masalah dalam belajar. Hal penting yang perlu dilakukan siswa adalah sarapan pagi setiap hari. Sarapan dalam porsi yang cukup, dapat memasok energi tubuh dan otak bagi siswa.

Siswa yang enggan sarapan dikhawatirkan akan mengalami kelesuan dan kurang gairah ketika belajar.

lontongBanyak sekali manfaat sarapan pagi bagi siswa. Namun dapat dikelompokkan menjadi dua manfaat utama:

1.Menjaga stamina tubuh

Sarapan pagi akan membantu stamina siswa menjadi lebih baik sehingga dapat mengikuti proses belajar dengan baik pula. Tubuh dan otak siswa mendapat pasokan energi kimia untuk beraktivitas menjelang mereka jajan di sekolah.

Siswa yang tidak sarapan pagi cenderung menunjukkan gejala kelesuan. Bahkan ada di antara siswa yang pingsan ketika mengikuti upacara bendera. Sakit perut dan sakit kepala. Disinilah pentingnya sarapan pagi buat siswa sebelim berangkat ke sekolah.
2.Menjaga konsentrasi belajar

Ada keterkaitan langsung antara stamina tubuh dengan konsentrasi belajar. Siswa yang sarapan pagi lebih berpeluang memusatkan perhatian pada apa yang dipelajari. Artinya, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah bermanfaat untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi belajar siswa.

Stamina tubuh yang prima dan konsentrasi yang bagus dalam belajar akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Oleh sebab itu sarapan pagi ini menjadi perhatian bagi siswa maupun orang tua di rumah. Mudah-mudahan artikel ini berguna dan menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.***
Red: hasran
Sumber: viva.co.id