Kemendikbud Dinilai Lamban Siapkan Aturan Baru UN 2015 (M Zen)
Kemendikbud Dinilai Lamban Siapkan Aturan Baru UN 2015 (M Zein)

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Hingga saat ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu belum menerima dengan jelas soal aturan Ujian Nasional (UN) tahun 2015 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, pasca telah telah berubahnya UN dari tahun. Hal itu mengakibatkan Dinas Pendidikan didaerah kebingungan dalam pelaksanaan UN. Karena kelambanan petunjuk dari Kemendikbud.

“Kalau semua aturan petunjuk dan segala macam tidak jelas tentu kita meraba, dan persoalannya tidak bisa menyamakan dengan tahun lalu karena sistem sudah berubah” kata M zein Jumat (20/3/2015)

M.Zein mencontohkan, salah satu bentuk lambanya kementerian dalam mempersiapkan ujian nasional ini yaitu, mengenai model soal ujian yang hingga kini belum diketahui formatnya. Sementara untuk menyamakan dengan soal tahun lalu, dirasa kurang maksimal, karena, sistem Ujian nasional saat ini juga telah mengalami perubahan.

Selain itu, disdikpora Rohul, juga bingung, menyangkut tentang apa saja indikator kelulusan siswa, pasca kementrian menyatakan tidak lagi, menjadikan ujian nasional, sebagai Acuan Kelulusan.

“Kami berharap, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Ri, segera mengeluarkan petunjuk personal ujian nasional ini, sehingga sekolah dan para siswa tidak kewalahan dalam menghadapi ujian nasional.” harap m.zein

Meski dalam kondisi meraba-raba, Kadisdikpora Rohul, M.Zein menyatakan terpaksa mengisntruksikan, kepada sekolah, agar tetap intens mempersiapkan siswanya melakukan bimbingan belajar meski mengacu pada soal ujian nasional tahun lalu. ia tetap optimis, tahun 2015 ini, rohul akan mampu meraih Peringkat Kelulusan Terbaik Diprovinsi Riau.***(ari)