Pengurus BumDes Rohul Dilatih untuk Hindari Penyalahgunaan Anggaran
Pengurus BumDes Rohul Dilatih untuk Hindari Penyalahgunaan Anggaran

Rokan Hulu(SegmenNews.com)– Koordinator badan Usaha Milik Desa (BumDes) Kabupaten Rokan Hulu menggelar pelatihan manajemen pengelolaan keuangan dan administrasi yang diikuti oleh staf dan bendahara utusan dari 18 Bumdes yang baru diresmikan oleh Bupati beberapa waktu lalu.

Pelatihan administrasi yang dipimpin oleh ketua BumDes Rohul, Sam Saimar di aula kantor BumDes komplek perkantoran pemda tersebut bertujuan Untuk menghindari kekeliruan dan kesalahan dalam manajemen pengelolaan administrasi dan keuangan usaha yang bergerak dalam BumDes.

Pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang selama dua hari pada hari Rabu dan Kamis. Para kepala Desa dan pengawas juga dilibatkan dalam proses pegeluaran anggaran dan termasuk simpan pinjam dilingkungan badan usaha milik desa.

“Pelatihan ini untuk menghindari penyalahgunaan keuangan dan administrasi dalam tubuh BumDes yang ada di Desa,” ujar Sam Saimar.

Dia berharap 18 bumdes yang mengikuti pelatihan menejemen administrasi dan keuangan bisa setara dengan BumDes yang sudah lama terbentuk terutama dalam pengelolaan. Koordinator Bumdes juga tetap akan melakukan pengawasan sejauh mana keberhasilan bumdes yang baru diresmikan dalam beberapa bulan dan tahun kedepan sehingga BumDes di Rohul benar benar berhasil.***(ran)