Angin Kencang Tumbangkan Pohon Durian, Satu Pengedara Motor Terluka (anggota BPBD mengevakuasi pohon durian yang tumbang)
Angin Kencang Tumbangkan Pohon Durian, Satu Pengedara Motor Terluka (anggota BPBD mengevakuasi pohon durian yang tumbang)

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Hujan lebat di sertai angin kencang dari sore hingga Senin malam (23/3/2015), menyebabkan sebuah pohon durian tua setinggi 20 meter yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dusun Tulang Gajah Desa Babusalam tumbang dan nyaris menimpa sebuah rumah warga.

selain Merusak beberapa Makam di TPU Tulang gajah, seorang pengendara motor mengalami luka ringan, karena menabrak reruntuhan pohon durian tersebut.

Dari informasi warga kejadian Pohon Tumbang ini, terjadi sekitar Pukul 19.30 Wib, setelah shalat maghrib. Ketika itu warga mendengar sebuah dentuman keras yang berasal dari TPU.

Kurang dari setengah jam kemudian, Personil BPBD Rohul bersama Camat Rambah Arie Gunadi S.stp, Sekdes Pematang berangan epan Efendi, dan dibantu masyarakat sekitar turun ke lokasi untuk membersihkan Puing sisa reruntuhan pohon Tumbang itu.

15 Petugas BPBD Rohul dibantu masyarakat, sempat kewalahan membersihkan Pohon Tumbang tersebut. selain keras dipotong karena sudah tua, pohon durian ini juga memiliki Bobot cukup berat mencapai 10 Ton.

Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana mengatakan Tumbangnya pohon Durian Berusia Puluhan Tahun ini Menyebabkan pagar di TPU Tulang gajah Rusak parah. selain itu satu unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di depan TPU tak bisa digunakan lagi karena tertimpa pohon.

Pohon juga merusak satu PJU dan memutus Kabel Listrik PJU sehingga memadamkan seluruh PJU yang berada di sebelah sisi kiri jalan.

petugas akhirnya berhasil membersihkan reruntuhan pohon tumbang, setelah pohon tersebut di potong menjadi beberapa bagian dan di angkat menggunakan mobil derek milik Dinas Pertambangan dan Energi.

Ditempat yang sama Camat Rambah Arie Gunadi.s.STP menghimbau masyarakat untuk menjadikan kejadian ini sebagai pengalaman agar tidak terulang kembali warga harus segera menebang Pohon tua di wilyah pemukiman.

“Kita minta kepada pemerintah desa pantau, daera mana saja yang rawan terjadi pohon tumbang, kita tidak inginkan ada warga kita jadi korban karena tertimpa pohon tumbang, jika ada rasanya pohon-pohon tua yang berpotensi tumbang saat angin kencang, kita tumbangkan saja, dari pada mengancam keselamtan,” himbau ari.***(ary)