Bathin Galang Gelar Kemuncak Zapin Festival 2015
Bathin Galang Gelar Kemuncak Zapin Festival 2015

Tebingtinggi Barat(SegmenNews.com)- Sempena HUT XII Sanggar Bathin Galang Desa Bokor, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti menggelar Kemuncak Zapin Festival 2015.

Kegiatan yang akan berlangsung pada 30-31 Mei 2015 mendatang terbuka untuk umum bagi sanggar-sanggar zapin tradisi di Riau.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di gelar di Desa Bokor. Mudah-mudahan mendapat simpatik semua pihak dengan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” kata Ketua Sanggar Bathin Galang Desa Bokor, Sopandi S.Sos, Selasa (24/3/2015).

Selain Kemuncak Zapin Festival, kata Pandi, panitia juga akan mengadakan seminar zapin guna menambah wawasan bagi peserta/sanggar yang ikut dalam kegiatan tersebut. Panitia juga tidak membatasi jika ada sanggar-sanggar dari provinsi tetangga yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan itu. Selain tropi dan uang pembinaan bagi sanggar berprestasi (1, 2, 3, dan 4), panitia menyediakan penginapan.

Setidaknya ada beberapa unit rumah warga yang telah disiapkan panitia untuk dijadikan penginapan, dengan ketentuan per harinya 50 ribu rupiah per orang dengan tiga kali makan. “Jadi, peserta tidak perlu khawatir tentang tempat tinggal,” sebut Pandi.

Panitia juga akan mengundang tiga dewan juri yang sangat berkualitas di bidang tersebut. Selain Hj Tengku Rahimah dari Pekanbaru dan Osman dari Bengkalis, penitia juga turut mendatangkan Syahril SSn MSn dari ISI Padang Panjang.

“Bagi sanggar yang berminat dapat mendaftar ke sgr.bathin.galang@gamil.com atau bisa menghubungi panitia dengan nomor 085355847087 a.n Suryani,” tutup Pandi.***(heri/hms)