Rokan Hulu Siap Laksanakan MTQ ke-15 (drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Rokan Hulu Siap Laksanakan MTQ ke-15 (drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA akui, hingga kini persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Rohul tahun 2015 yang direncanakan pada tanggal 8 s/d 13 April 2015, bertempat di Dataran Tinggi Rantau Baih Kota Pasir Pengaraian, telah rampung dan MTQ siap untuk dilaksanakan.

Ahmad Supardi Hasibuan yang juga Kakan Kemenag Rohul ini menyatakan, sampai kini, persiapannya sudah selesai, sebab masalah venus atau lokasi pertandingan tak ada masalah, yaitu Purna MTQ Riau untuk Cabang Tilawah, Masjid Agung Lantai Dasar untuk Cabang Fahmil Quran, dan Syarhil Quran.

Sedangkan Masjid Agung lantai dua (ruang sholat) untuk cabang Tahfidz Alquran, baik 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Ditambah dengan MTsN Rambah untuk cabang Khattil Quran. Sedangkan untuk Musabaqah Menulis Isi Alquran (M2IQ) dan Tafsir Alquran (Arab, Inggris, dan Indonesia) tidak dipertandingkan.

Selain itu yang paling penting adalah kesiapan peserta, dimana seluruh kecamatan di 16 kecamatan yang ada, sudah laksanakan MTQ, sekalipun ada yang hanya melaksanakan STQ seperti Kepenuhan Hulu, Kunto Darussalam, dan Bonai Darussalam, sebut Ahmad Supardi, Senin (30/3/2015).

Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Riau ini mengharapkan, agar seluruh kecamatan mengikuti semua cabang yang dipertandingkan pada MTQ Tingkat Kab Rohul Tahun 2015, sehingga akan menambah semaraknya pelaksanaan MTQ.

Selain itu, beliau juga berharap umat Islam Rohul berbondong-bondong menghadiri pelaksanaan MTQ, bukan hanya ramai pada acara pembukaan dan penutupan saja, tetapi juga ramai pada saat pelaksanaan, sehingga menambah semaraknya syiar agama Islam di Negeri Seribu Suluk.

Ahmad Supardi lebih lanjut menejelaskan bahwa saat ini, pihak panitia sedang sibuk mempersiapkan upacara pembukaan dengan pagelaran tarinya yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, sedangkan Mars dan Hymne MTQ dikelola oleh Dinas Pendidikan Rohul.***(ran)