Kemenag Rohul Lakukan Rekruitmen Petugas Haji
Kemenag Rohul Lakukan Rekruitmen Petugas Haji

Rokan Hulu(SegmenNews.com)– Sehubungan dengan semakin dekatnya musim penyelenggaraan ibadah haji tahun 1436 H/2015 M, maka kantor Kemenag Rohul, lakukan rekruitmen petugas haji, bekerjasama dengan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov Riau, Rabu (1/4/2015) bertempat di aula Kemenag Rohul, Kota Pasir Pengaraian.

Rekruitmen petugas haji tersebut meliputi tiga kategori, pertama sebagai Tim Penyelenggara Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atau yang disebut dengan petugas non kloter.

Seleksi dalam bentuk test tertulis ini, diikuti sebanyak 7 orang peserta dari 25 peserta yang mendaftar, namun 18 orang dinyatakan tidak lolos pada seleksi administrasi, sehingga tidak bisa ikut test tertulis, alias gugur pada persyaratan administrasi, dengan alasan yang beragam.

Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, dalam sambutan pengarahannya menyatakan, bahwa pekerjaan sebagai petugas haji ini adalah tugas yang mulia, sebab kita mengurus orang lain untuk melaksanakan ibadah haji, sebagai rukun Islam yang kelima.

Selain itu, di sela-sela kita mengurus orang melaksanakan ibadah haji, maka kita sendiripun dapat melaksanakan ibadah haji, sebab saat yang bersamaan kita berada di tempat pelaksanaan ibadah haji itu. Ini artinya, sambil menyelam minum air, ataupun sambil bekerja juga melaksanakan ibadah haji.

Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Kepala Perencanaan Kanwil Kemenag Riau ini, mengatakan bahwa hasil seleksi ini seluruhnya dikirim ke Kanwil Kemenag Riau, untuk selanjutnya diseleksi dan dipilih untuk mengikuti test provinsi. Setelah itu, barulah ditetapkan menjadi petugas haji.

Dari sisi peluang, sangat terbuka lebar bagi siapa saja untuk lulus, namun pada akhirnya sangat tergantung kepada hasil test dan kebijakan yang akan diambil oleh Kanwil Kemenag Riau, sebab terkait dengan hal ini, maka Kanwil Kemenag Riaulah yang mempunyai wewenang penuh, tegasnya.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Rohul, H Elfalisman SAg, mengharapkan kepada seluruh peserta test tertulis agar teliti dalam mengerjakan soal-soal, sebab hasil test tertulis ini sangat menentukan untuk lulus menjadi petugas haji.***(rls)