Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Dijadwalkan awal Mei 2015 mendatang, Nasional Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Rokan Hulu, akan mengajukan provosal pengajuan dana sebesar Rp5 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu. Dana ini diajukan untuk menyukseskan rencana Pekan Olah Raga Paralympic Provinsi (Peparprov) yang diusulkan dipusatkan di Rohul, tahun 2015.

Hal itu disampaikan Ketua NPC Kabupaten Rokan Hulu, Pius, Rabu (1/4) dikantornya. Usulan pelaksanaan Pepaprov tersebut di Rohul, karena Kabupaten Rohul, dinilai layak karena memiliki sarana pra sarana venus lomba di beberapa cabang olah raga (Cabor) seperti lapangan cabor atlet, kolam renang, tenis meja, angkat besi dan beberapa cabor lainnya.

Menurut Pius, usulan pelaksanaan Peparprov tingkat Provinsi Riau ini dipusatkan di Rohul, ternyata telah mendapat dukungan dari jajaran NPC tingkat Provinsi Riau dan sejumlah NPC Kabupaten/Kota yang ada di Rohul. Dan menurutnya dukungan tersebut merupakan satu motivasi baginya untuk menyusun program kegiatan untuk menyukseskan Paperprov tersebut.

“Sesuai rencana besaran anggaran yang kita ajukan dalam Peparprov ini sekitar Rp5 miliar. Dana ini diperuntukan untuk biaya paralimpic (penyandang cacat) selama mengikuti lomba yang dijadwalkan akan berlangsung selama tujuh hari. Untuk itu saya berharap usulan pengajuan anggaran ini dapat diakomodir Pemkab Rohul serta disahkan DPRD Rohul, melalui APBD Perubahan tahun 2015 ini,” harap Pius.

Ditambahkan Pius, motivasi dirinya untuk melaksanakan Peparprov ini di Kabupaten Rokan Hulu, bertujuan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa penyandang cacat memiliki peluang prestasi dibidang olah raga. Karena sebagian penyandang cacat selama ini merasa minder akan kekurangan yang ada pada dirinya.

“Untuk menghilangkan rasa minder itu salah satunya dengan cara peparprov. Karena lomba paralympic ini tidak hanya meraih prestasi ditingkat Kabupaten atau Provinsi tapi nasional. Justru itu kita sangat berharap kepada Pemkab dan DPRD Rohul, dapat mengakomodir rencana ini. Karena untuk mewujudkan kegiatan ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah dan DPRD,” tutup Pius.***(rls/ran)