Teluk Kuantan(SegmenNews.com)– Pelaksanaan gotong royong yang ditaja dan disponsori satu anggota DPRD Riau asal daerah pemilihan Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu, Indra Putra, bersama masyarakat Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Benai yang dilaksanakan pada sabtu (4/4/2015).

Tak kurang lebih dari ratusan warga kelurahan Beringin Jaya yang ikut bersama-sama dengan Lurah Beringin Jaya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lainnya ikut bersama-sama gotong royong membersihkan kebun seluas 10 hektare, yang nantinya kebun tersebut akan dijadikan asset desa.

“Gotong royong yang kita laksanakan di areal perkebunan masyarakat seluas 10 hektare ini, nantinya akan menjadi asset desa dan bukan menjadi milik pribadi,” kata Indra Putra, Senin (6/4/2015).

Menurutnya, Gotong royong yang dilakukan bersama masyarakat tersebut dalam upaya memperbaiki akses menuju kebun masyarakat, sehingga nantinya aktifitas masyarakat menuju areal perkebunan dan mengangkut hasil perkebunan dapat berjalan lancar.

Selain itu juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, disela keterpurukan harga jaret yang terjadi akhir-akhir ini. Bahkan yang lebih penting lagi, kebun yang dijadikan goro tersebut merupakan kebun yang akan menjadi asset desa. Dengan begitu tentu saja desa telah memiliki asset (kebun) yang sangat luas dan sangat sulit dicari bandingannya di desa-desa yang ada di Kuansing ini.

“Kita ketahui, setiap desa memang memiliki asset berupa kebun desa, akan tetapi tidak seluas kebun yang dimiliki Kelurahan Beringin Jaya ini, dan natinya bila kebun ini telah jadi tentu saja akan menjadi salah satu faktor meningkatnya harga jual hasil kebun masyarakat, karena dapat menekan biaya produksi,” paparnya.

Ketika ditanya, Apakah tanggung jawab dalam memperbaiki akses menuju areal perkebunan masyarakat, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dan perusahaan semata, menurutnya, tanggung jawab itu tidak ada batasannya dan bahkan bisa dilakukan bagi yang memiliki kepedulian dan kemampuan terhadap masyarakat.

Dijelaskkannya, Dalam gotong royong bersama masyarakat kelurahan Beringin Jaya tersebut, tidak hanya akses jalan saja yang dikerjkan, akan tetapi juga dilakukan penataan lahan yang hendak diremajakan maupun penanaman baru. Sedangkan alat yang dipergunakan juga dibantu dengan alat berat, dalam upaya untuk lebih mempermudah dan mempersingkat dalam pengerjaan.

Dengan gotong royong bersama, masyarakat juga akan memiliki kepedulian dalam merawat akses-akses ke kebun mereka dengan baik, karena mereka ikut secara langsung bagaimana memperbaiki akses-akses ke kebun mereka.***(kpr/ man)