MTQ ke-15 Rohul Didukung Expo Ponpes se Riau
MTQ ke-15 Rohul Didukung Expo Ponpes se Riau

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA mengatakan, bahwa pihaknya bersama Pemkab Rohul, telah siap untuk melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Rohul, dan expo madrasah se Riau tahun 2015, pada tanggal 8 s/d 13 April 2015, bertempat di Dataran Tinggi Rantau Baih Kota Pasir Pengaraian.

Ahmad Supardi Hasibuan yang juga Kakan Kemenag Rohul ini menyatakan, kegiatan MTQ tahun ini didukung oleh kegiatan expo ponpes yang diikuti sebanyak 19 Ponpes se Riau, namun berasal dari luar kab Rohul dan dari Rohul sendiri sebanyak 48 Ponpes dan Madrasah.

Kesemua Ponpes dan Madrasah tersebut akan memperlihatkan dan atau memamerkan hasil produk, system pendidikan, proses belajar mengajar, kualitas lulusan, dan termasuk keunggulan dari masing-masing Ponpes dan Madrasah, sehingga masyarakat dapat mengetahui akan kemajuan Ponpes dan madrasah saat ini.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat Rohul memiliki informasi menyeluruh dan utuh tentang Ponpes dan Madrasah yang ada di Riau, untuk selanjutnya diharapkan termotivasi menyekolahkan anak-anaknya di Ponpes atau madrasah, sebagai pendidikan tertua dan paling berpengalaman di Indonesia, jelas Ahmad Supardi, Senin (7/4/2015) di Kompleks pelaksanaan MTQ Rohul.

Ketika ditanya tentang kesiapan pelaksanaan MTQ, Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Riau ini, mengatakan bahwa pihaknya bersama panitia pelaksana telah siap untuk melaksanakan MTQ. Masalah venus atau lokasi pertandingan dari awal tak ada masalah, yaitu Purna MTQ Riau untuk Cabang Tilawah, Masjid Agung Lantai Dasar untuk Cabang Fahmil Quran, dan Syarhil Quran.

Sedangkan Masjid Agung lantai dua (ruang sholat) untuk cabang Tahfidz Alquran, baik 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Ditambah dengan MTsN Rambah untuk cabang Khattil Quran. Sedangkan untuk Musabaqah Menulis Isi Alquran (M2IQ) dan Tafsir Alquran (Arab, Inggris, dan Indonesia) tidak dipertandingkan.

Selain itu, yang paling penting adalah semua peserta dari 16 kecamatan se Rohul, telah memastikan diri bahwa hari ini, Selasa (7/4/2015) akan tiba di Pasir Pengaraian dan mendaftarkan diri kepada panitia pelaksana, sebut Ahmad Supardi.***(ran/rls)