Hebat, Siswa di Rohul Ciptakan Cuka Pembeku Karet
Hebat, Siswa di Rohul Ciptakan Cuka Pembeku Karet

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Siswa Madrasah Aliyah (MA) kejuruan yayasan pelita (Yapita) Desa Tali Kumain, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu berhasil menciptakan asap cair atau yang mereka sebut ‘Cuka’ berguna untuk membekukan karet.

Cuka pembeku karet dibuat dari hasil uap cair pembakaran tempurung kelapa. Cuka ini berfungsi sebagai pembeku karet dan juga berhasil menghilangkan bau karet yang tak sedap, saat ini sudah banyak petani karet yang menggunakan cuka hasil karya yayasan Yapita ini. Cuka buatan guru ini membuat karet lebih keras dengan warna kecoklatan dan kering, cuka ini lebih berkualitas jika dibandingkan dengan cuka pembeku karet lainnya.

Cuka ini diciptakan oleh para siswa dibawah pimpinan salah seorang guru Yayasan Yapita, Parlindungan. Karya tersebut di pamerkan di stand pameran tingkat Pondok Pesantren se-Rokan Hulu di areal purna MTQ tingkat kabupaten ke 15 tahun 2015. Karya unik tersebut menjadi ramai dikunjungi masyarakat maupun para siswa sekolah

Guru Madrasah Aliyah Kejuruan Yapita), Rahmad penemuan cuka tersebut baru berjalan dua bulan terakhir, cuka ini sudah banyak digunakan oleh petani karet terutama para orang tua siswa sekolah.

“Cuka ini sudah banyak digunakan para petani, ternyata hasilnya sangat memuaskan,” ujarnya puas.

Menurut Rahmat, hasil karya tersebut sudah mulai dipasarkan di masyarakat, dengan harga Rp 10.000,- per 600 mili liternya.***(man)