Tarian Massal saat Pembukaan MTQ Ke- 15 Tingkat Kab Rohul.
Tarian Massal saat Pembukaan MTQ Ke- 15 Tingkat Kab Rohul.

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke XV disambut meriah oleh masyarakat. Para pedagang juga memadati lokasi helatan akbar yang digelar tiap tahun tersebut.

Ramainya kunjungan masyarakat kelokasi MTQ di lapangan dataran tinggi rantau baih, komplek astaka Provinsi Riau Pasir Pangaraian, berdampak pada sektor ekonomi kerakyatan.

Hal ini disampaikan Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi, baru-baru ini di Pasir Pangarayan, menurutunya, Pemkab Rokan Hulu tidak hanya peduli pada kondisi pembenahan sikap mental dari masyarakatnya dengan iven ini, namun juga perhatian ekonomi rakyat, iven ini terbukti menjadi gula bagi para penggiat usaha kecil menengah.

“Ini terbukti jika Alquran dan agama Allah ini kita agungkan jadi Allah SWT akan mengucurkan rezeki kepada hamba-hambanya, itulah sebab kita tidak bosan-bosannya untuk tetap secara konsisten meprograkan kegiatan keagamaan secara kontinu,” paparnya.

Salah seorang pedagang lampu warna-warni (mainan anak-nak) Rusmin, mengaku mendapat rezeki sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta setiap malamnya, sebab pengunjung yang datang itu mereka membawa anak-anak, melihat lampu atau maianan warna-warni mengeluarkan cahaya apalagi kalau dilempar ke atas mereka sangat senang.

“Cukup lumayan lah dapatnya bisa untuk makan anak dan istri di rumah, sebab kita juga berjualan tidak ada dipungut orang biaya, karena tidak ada memakai tempat, jadi gak ada pungutan,” ujarnya.

Pantauan, kegiatan MTQ Rokan Hulu sejak awal terlihat ramai terus, bahkan warga menganggap ini sebagai tempat berwisata malam hari ini, lapangan DRTB Pasir Pangaraian, tak obahnya bagikan pasar, warga Rokan Hulu memadati dan maramaikannya setiap malamnya.***(Adv/hms)