Wabup Siak Tinjau UN di Mempura
Wabup Siak Tinjau UN di Mempura

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak H. Alfedri tinjau pelaksanaan ujian nasional tahun 2015 di SMAN 1 dan SMKN 1 Mempura, Senin (13/4/15). Turut hadir pada kesempatan tersebut tim Monitoring dari Universitas Riau Hj. Sri Indarti Dekan Fakultas Ekonomi, dan sejumlah pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Kepala Sekolah, Camat Mempura Hendi Derhavin, sejumlah Penghulu dan anggota DPRD Siak serta pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

Setibanya di SMAN 1 Mempura, Wabup Alfedri langsung melihat kondisi pelaksanaan ujian, dimana para siswa sedang mengisi lembaran soal ujian, yang diawasi oleh dua orang pengawas.

“Bagi siswa yg mengikuti UN yakinkan bahwa kita bisa dan mampu melaksanakan UN itu dengan baik meskipun hasil dari UN ini tidak lagi sebagai penentu kelulusan, dan para siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, Agar kelak berguna bagi nusa dan bangsa,” ujar Wakil Bupati.

Wabup Siak Tinjau UN di Mempura
Wabup Siak Tinjau UN di Mempura

Selain itu wabup juga mengajak kepala sekolah untuk mengusulkan sekolahnya menjadi sekolah Adiwiyata. Salah satu syaratnya tak ada satu lembar daun pun ada di halaman sekolah. Kalau pun banyak sampah daun agar di masukkan ke bank sampah atau bisa juga diolah menjadi pupuk kompos,” ujarnya.

Selain menanam bunga, pekarangan sekolah juga dapat dimanfaatkan untuk menanam buah-buahan ataupun tanaman lainnya kalau sudah panen dapat dijual, uangnya bisa untuk kebutuhan sekolah juga, kata Wabup.

Sementara itu Hj. Sri Indarti mengatakan hasil dari monitoring tersebut akan dilaporkan ke universitas, sehingga kalo ada temuan-temuan menjadi bahan evaluasi kedepannya. Untuk provinsi Riau pihak Kemendikbud telah menunjuk UR (universitas Riau) sebagai pemantau Ujian Nasional dari perguruan tinggi. Peserta ujian nasional SMAN 1 sebanyak 117 orang sementara itu dari SMKN 1 Mempura sebanyak 212 orang.***(advertorial/hms/rinto)