Gawat, Soal UN Bocor di Internet (foto ilustrasi)
Gawat, Soal UN Bocor di Internet (foto ilustrasi)

Jakarta(SegmenNews.com)- Jika dulu ada oknum-oknum tertentu dan juga kalangan siswa yang menyebarluaskan kunci jawaban ujian nasional, berbeda dengan yang ada saat ini, dengan kecanggihan internet saat ini semakin banyak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengaku menerima aduan tentang bocornya soal ujian nasional di Internet. “Setelah diselidiki, ternyata soalnya sama persis dengan soal ujian nasional kemarin,” ucapnya di SMA Negeri 2 Jakarta, Jalan Gajah Mada, Selasa, 14 April 2015.

Dia mengatakan soal itu pun bisa diunduh para pengguna komputer dari dunia maya. Dia sendiri sudah mengunduh 25 dari 30 paket soal UN. “Lima paket lagi tidak berhasil diunduh,” tuturnya.

Laporan kebocoran soal itu didapatnya dari salah satu guru di Jakarta. Menurut dia, guru itu sebenarnya berniat mencari contoh soal UN. Tak disangka, dia mendapatkan tautan yang berisi data paket soal itu. Saat menjadi pengawas di salah satu sekolah, guru itu pun penasaran ingin menyamakan soal itu dengan soal yang diselesaikan para murid. Ternyata soalnya sama.

Saat ini tautan itu sudah tidak diakses lagi oleh Retno. Walau begitu, dia berniat menyampaikan temuannya itu ke Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah secara resmi sebagai salah satu bentuk evaluasi.

Sebelumnya, UN kali ini dilakukan dalam dua versi, berbasis kertas dan berbasis komputer. Untuk berbasis kertas, UN dilaksanakan pada 13 April hingga 15 April. Untuk UN berbasis komputer diselenggarakan 13-16 April dan 20-21 April 2015.***

Red: hasran
Sumber: Tempo.co