Pemko Gandeng UPI Kembangkan Desa Wisata Kreatif Basis Agro
Pemko Gandeng UPI Kembangkan Desa Wisata Kreatif Basis Agro

Pekanbaru(SegmenNews.com)- 15 April 2015, Walikota menyaksikan penandatanganan kerjasama dan MOU dalam bidang penelitian Pegembangan Desa Wisata Kreatif Berbasis Agro yang dilakukan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung oleh Bapak Rektor Prof.Dr.H. Sunaryo Kartadinata,M.Pd bersama Bapak Mentri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Marwan Jafar di Bandung.

Dalam acara ini ikut hadir bersama Walikota Pekanbaru Wakil ketua SigitYuwono.ST, Rustam Panjaiatan, Sondia Warman, Aidil Amri, Asisten II bidang Perekonomian Ir.Dedi Gusriadi dan Kabag Perekonomian.

Bersama dengan itu sekaligus wisuda angkatan pertama UPI yang berjumlah 2.133 orang. Ketua pusat Pengakajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif (P3K2) UPI Dr.Lely Yulifar,M.Pd,mengatakan Penelitian yang dilakukan oleh pihak UPI untuk membuat link yang permanen anatara Perguruan Tinggi (Akademis), masyarakat/komunitas , dan Pemerintah terkait Pengembangan Agro Base Creative Tourism Center atau desa Wisata Kreatif Berbasis Agro Desa Wisata Kreatif berbasis Agro akan menggabungkan ide, inovasi pengetahuan dari dunia Akademik dan kemampuan financial Pemerintah untuk meningkatkan dan mempercepat pengembangan Desa/Kelurahan, dimana melalui program ini, produk akan cepat terserap pesat dan untuk inovasi produk yang akan dipasarkan dengan harapan memperoleh ekonomi yang tinggi di masyarakat di Pekanbaru.

Dan terpilihnya bekerjasama dengan Pekanbaru dikarenakan Kota Pekanbaru yang lebih siap menjadi percontohan Desa Wisata Kreatif Berbasis Agro dibandingkan daerah Kabupaten/Kota yang lain.

Kedua belah pihak yaitu pihak UPI sebagai peneliti sepakat untuk melakukan kerjasama dan akan menjalankan amanah Pemerintah Pusat tersebut untuk dilaksanakan dengan serius. Ini pekerjaan besar untuk Kami mengembangkan Desa Wisata Kreatif Berbasis Agro yang ada di Pekanbaru yaitu untuk menjual nilai lokal kepada Dunia Internasioanal menjadi perhatian UPI, sebab didalamnya terdapat unsur mendidik dan mengembangkan potensi sumber daya manusia kata Rektor UPI.

Komitmen yang sangat tinggi dilakukan oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, ST.MT sebagai Pimpinan di Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Kota Pekanbaru seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia, peternakan, pertanian, perikanan dan pariwisata yang ada di kelurahan, seperti Kelurahan Pesisir, Kelurahan Rumbai Bukit, Kelurahan Palas dan Kelurahan Limbungan.

Walikota pada sela-sela perbincangan dengan dirjen Desa menjelaskan dikelurahan Limbungan ada ikon Wisata air yang bernama Bandar Kayangan dan lahan pertanian seperti peternakan dan perikanan semua itu butuh dikembangkan didaerah ini.

Untuk itu Walikota bergerak cepat dengan menggandeng UPI untuk mengembangkan daerah yang dicanangkan ini agar niat kita untuk menjadikan Kota Metropolitan yang Madani tercapai. “Ini akan menjadi lapangan pekerjaan dan tambahan pengahasilan yang lebih baik bagi petani dan nelayan dan peternak untuk meningkatkan taraf hidup pada masyarakat setempat,“ Ujar Walikota Pekanbaru Firdaus.***(chir/hms)