Paspampres Bisa Bahayakan Presiden?

Paspampres Bisa Bahayakan Presiden?(Foto: sinarharapan.co)
Paspampres Bisa Bahayakan Presiden?(Foto: sinarharapan.co)

SegmenNews.com- Tak banyak yang tahu, masyarakat Indonesia hanya mengetahui pengamanan Presiden secara fisik saja oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tapi perlu diketahui pengamanan yang Paspampres terhadap Presiden masih lemah secara nonfisik.

“Kalau info-info lokasi masih gunakan yahoo, komunikasi pake gmail. Mereka dengan gamblangnya bilang presiden kunjungan ke Rusia, pakai jalan ini, dia akan belok ke situ, pakai akun email publik coba misalnya punya musuh pesawat Pak Jokowi bisa dipasangin bom,” kata Kepala Communication & Information System Security Research Center, Pratama Persadha, di Chesee Cake Factory, Jakarta, Kamis (23/4).

Hal ini dimungkinkan karena Yahoo ataupun Google sampai Facebook adalah sistem cyber yang dipegang oleh Amerika. Selama pusat sistem informasi masih dipegang negara asing maka makin sulit juga menghindari penyadapan dan deteksi informasi.

“Amerika punya program prism yang mampu mengumpulkan informasi di lingkungan cyber dengan tokoh-tokoh dari Facebook, Yahoo dan lain-lain yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi seluruh dunia. Ini memang dibantah Amerika tapi ini kenyataan,” kata dia.

Yang lebih menyeramkan, semakin sering memanfaatkan alat pencari atau pun media sosial dari asing, saat perang musuh memegang kuncian Indonesia dan tahu kelemahan Indonesia.

“Kita banyak gudang senjata dan itu datanya ada disimpan di komputer kalau komputer disusupi hacker yang mau perang dengan Indonesia bisa ambil data dengan gampang untuk ngalahin Indonesia,” lanjut dia.

Bangsa Indonesia sendiri secara umum masih kurang menyadari akan hal ini. “Kita orang biasa masih merasa senang karena belum ada kejadian masih merasa presiden baik enggak ada musuh, ini kan lucu,” kritik dia.***
Red: hasran
Sumber: Merdeka.com