Bupati Herliyan Serahkan Bantuan 750 Al-quran
Bupati Herliyan Serahkan Bantuan 750 Al-quran

Tanjung Medang(SegmenNews.com)– Sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat qur’ani di Kecamatan Rupat Utara, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, , Senin (27/4) malam, menyerahkan bantuan 750 buah kitab suci Al-Qur’an.

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan Bupati sempena pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-13 Rupat Utara yang dipusatkan di Desa Kadur. Bantuan tersebut diserahkan kepada masing-masing kepala desa untuk diteruskan kepada umat Islam yang berhak menerimanya.

Diingatkan Herliyan, Al-Qur’an yang dimiliki jangan hanya sekadar menjadi hiasan. Atau hanya dibaca sampai lisan saja, tidak meresap ke dalam hati dan jiwa. Bangga dengan Al-Qur’an, namun tidak siap dengan hukum yang telah ditetapkan Al-Qur’an.

“Setiap umat Islam jangan hanya mencintai Al-Qur’an lahirnya saja. Atau bahkan lebih senang mendengarkan suara selain daripada mendengarkan Al-Qur’an,” kata Herliyan.
Sebaliknya, sambung Bupati, sebagai sumber hukum pertama dan utama umat Islam, selain dibaca, isi kandungan Al-Qur’an harus diketahui, dipelajari, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di bagian lain, kepada umat Islam di Rupat Utara, Herliyan berharap MTQ ke-13 yang diikuti 107 kafilah dari 8 desa itu, selain sebagai salah satu upaya untuk memelihara kesucian Al-Qur’an dan mengembangkan syiar Islam, juga harus menjadikan sarana dakwah.

“Harus memberikan manfaat bagi kemaslahatan, serta dijadikan bagian penting dalam mengamalkan nilai-nilai universal Islam dengan baik dan benar di tengah-tengah seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Apalagi, sambung Herliyan, angka 13 tersebut bila dikaitan dengan sejarah Islam memiliki makna tersendiri. Makna itu, katanya, harus dijadikan spirit oleh umat Islam di Rupat Utara dalam meraih kemajuan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Rasulullah SAW hijrah ke Madinah setelah 13 tahun melakukan dakwah di Mekkah. Karena itu MTQ ke-13 ini harus dijadikan momentum oleh umat Islam di Rupat Utara untuk bangkit dan maju,” harap Herliyan lagi.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat daerah Bengkalis H Eri Kesuma Pribadi menjelaskan, untuk tahun ini bantuan Al-Qur’an ini sebanyak 10.000 buah.
Menurut mantan Camat Merbau ini, bantuan tersebut didistribusikan untuk Kecamatan Mandau (2.000 buah) dan Bengkalis (1.500). Sedangkan Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Pinggir masing-masing 1.000 buah.

”Sedangkan Rupat Utara jumlahnya sama dan Rupat masing-masing 750 buah,” jelas Eri seraya mengatakan sisanya untuk stock di Sekretariat Daerah dan akan dibagikan pada kegiatan-kegiatan agama Islam lainnya.***(adv/hums)