DPRD RI Puji Program P4S Bupati Kampar
DPR RI Puji Program P4S Bupati Kampar

Siakhulu(SegmenNews.com- Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rambe Kamuruzzaman bersama rombongan, berkunjung ke kawasan pendidikan dan latihan (Diklat) pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Selasa (28/4).

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rambe Kamuruzzaman, mengatakan ini hal yang luar biasa dan suatu karya nyata, apa yang dibuat pak Bupati, mudah-mudahan semakin baik dan maju apa yang dilakukan Bupati apalagi dengan fasilitas sudah serba ada, tinggal memanfaatkan dan mengembangkannya.

Perlu dukungan bersama dari semua elemen masyarakat, agar apa yang akan diwujudkan Bupati bisa berhasil karena semua yang dilakukan Bupati adalah untuk kemajuan masyarakat,katanya.

Sementara Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edi mengatakan sangat mendukung program pak Bupati, karena itu kepada ibu-ibu peserta menjahit, dirinya berpesan agar mengikuti dengan serius pelatihan menjahit.

Dilokasi menjahit di pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bina Insan Mandiri,selasa (28/4) yang pertama di kunjungi komisi II. Bupati Kampar Jefry Noer, menjelaskan awal dibuat PKBM karena kebutuhan akan baju sekolah dasar di Kampar saja, setiap tahunnya sebanyak 30 ribu unit, belum lagi untuk SMP dan SMA, karena itu dengan adanya PKBM sudah dapat memenuhi kebutuhan pakaian sekolah nantinya disamping itu harga pakaian pun terjangkau.

DPRD RI Puji Program P4S Bupati Kampar
DPR RI Puji Program P4S Bupati Kampar

Peserta menjahit umumnya kaum perempuan, mereka tidak nginap tetapi pulang setiap sore setelah belajar daari pagi karenanya diberi uang saku untuk transport, sistem nya ada inti dan plasma, dimana inti yang akan menyediakan pakaian, dan plasma menampung hasil jahitan sampai pemasaran, jadi untuk pemasaran dan penjualan lebih mudah bagi peserta nantinya.

Sejauh ini sudah ada 1080 orang dilatih di PKBM dan tahun ini direncanakan sebanyak 890 orang akan dilatih,kata Jefry menambahkan.

Sebelumnya anggota DPRD Riau Hj.Eva Yuliana mengatakan kepada peserta menjahit yang penting Kemauan dan Semangat, kita disini untuk belajar mencari uang karena itu ikuti pelatihan dengan tekun supaya cepat pandai dan berhasil.

DPRD RI Puji Program P4S Bupati Kampar
DPR RI Puji Program P4S Bupati Kampar

Demikian dikatakan Anggota DPRD Riau Eva Yuliana memberi motivasi peserta menjahit, sembari meninjau satu persatu peserta pelatihan yang sedang asyik belajar di depan mesin jahitnya.

Hadir bersama rombongan Komisi II diantaranya Wakil ketua Komisi II Lukman Edi, Wakil Ketua komisi II Riza Patriot dari gerindra, Komaruddin Kapoksi PDIP, Rukinus Hotma Hutahuruk dari Hanura, Syarif Abdullah Alkadri dari Kapoksi partai Nasdem, Arwani dari PPP, Dr.Zainul dari PKB, Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP, Sekretaris Negara (SekNeg) dan Sekretaris Kabinet (SekKab),Tim Ahli Sekneg, disamping itu hadir Ass Pemerintahan setda Provinsi Riau Ahmadsyah Harofie, anggota DPRD Provinsi Riau Eva Yuliana, anggota DPRD Kabupaten Kampar Rahmad Jefary Juniardo beserta seluruh Pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemda Kampar.***(advertorial/hms/ali)