Etnis Pelalawan Diminta Tapilkan Seni Budaya  (Hj Kamariah A SH)
Etnis Pelalawan Diminta Tapilkan Seni Budaya (Hj Kamariah A SH)

Pelalawan(SegmenNews.com)- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan berharap agar tiap etnis yang ada di Kabupaten Pelalawan menampilkan beragam seni sanggar budayanya.

Demikian disampaikan oleh Kepala Disbudparpora Kab. Pelalawan H. Zulkifli S.Ag melalui Kabid Kebudayaan Hj Kamariah A SH, kepada awak media pada Rabu (29/04) di ruang kerjanya.

Bersempena peringatan setiap ulang tahun Kabupaten Pelalawan yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, dimeriahkan berbagai kegiatan. Salah satunya menampilkan seni sanggar budaya oleh setiap etnis yang ada di Kabupaten Pelalawan. Setiap tahun Pemda Pelalawan memeriahkan HUT Kab.

Pelalawan dengan membuka kegiatan Pelalawan Expo. Dalam kegiatan itu diikut sertakan dengan kegiatan penampilan sanggar budaya tersebut. “Selama ini ada enam etnis yang biasa menampilkan seni budayanya dari beberapa etnis yang ada, antara lain, suku Nias, suku Batak, suku Aceh, suku Minang Kabau, suku Jawa dan suku Melayu,” terangnya.

Tujuan supaya sanggar budaya tiap etnis itu, dikenal oleh masyarakat tempatan. Maka itu, kepada etnis lain yang belum pernah menampilkan sanggar budayanya, diusulkan supaya ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tapi dengan catatan pengusulan dilakukan secara bertahap mengingat keterbatasan anggaran APBD kita, ucapnya.

Kegiatan itu bermanfaat terutama kepada generasi muda atau kepada para remaja. Sebab jika pemuda ikut serta dalam dalam kelompok sanggar budaya itu, tentu fokus mengikuti latihan. Sehingga juga sebagai upaya menjauhkan generasi muda dari kenakalan remaja yang sekaligus menginspirasikan dalam hal yang positif.***(fin)