Kemenag Rohul: UN MTs di 18 Lokasi Berjalan Lancar
Kemenag Rohul: UN MTs di 18 Lokasi Berjalan Lancar

Rokan Hulu(SegmenNews.com)– Ujian Nasional (UN) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang diikuti sebanyak 1.735 peserta, terdiri dari 792 laki-laki dan 943 perempuan, bertempat di 18 lokasi pelaksanaan UN se Rohul, berjalan dengan tertib, aman, dan lancar, tanpa ada halangan suatu apapun juga.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, kepada sejumlah wartawan media, usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada MTsN Rambah, Kota Pasir Pengaraian, Senin (4/5/2015).

Dikatakannya, peserta UN MTs diikuti sebanyak 37 MTs, namun dipusatkan pada 18 MTs, sebab tidak semua MTs melaksanakan UN sendiri-sendiri, ada yang bergabung dengan MTs yang lainnya, sesuai dengan rayon yang telah ditetapkan.

MTs dapat melaksanakan UN secara sendiri, manakala memenuhi dua persyaratan utama. Pertama, MTs tersebut telah diakreditasi oleh lembaga yang berwenang, dalam hal ini Badan Akreditasi Provinsi (BAP) dengan nilai minimal C. Kedua, murid peserta UNnya minimal 20 orang. Jika dua hal ini tidak terpenuhi, maka MTs tersebut tidak dapat melaksanakan UN sendiri dan harus bergabung dengan yang lain.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Riau ini, sekalipun UN tidak lagi menjadi penentu utama kelulusan, namun pengawasannya tetap dilakukan secara ketat. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya pengawas provinsi, yaitu Dr Evianty dan Rahmawaty.

Pengawasan juga dilakukan secara langsung oleh Kakan Kemenag Rohul, para pengawas pendidikan agama dan madrasah, para pejabat dan staf pada seksi Pendidikan Islam. Sedangkan untuk pengawas ruangan, dilakukan dengan system silang, yaitu diawasi oleh guru dari sekolah lain, sedangkan gurunya sendiri mengawas pada sekolah lain pula.

Kakan Kemenag di akhir penjelesannya mengatakan, Alhamdulillah semuanya berjalan lancer, peserta hadir semua, dan tepat waktu lagi, pengawasnyapun semua lengkap, soal-soal juga cukup sesuai dengan kebutuhan, dan pihaknya belum mendapatkan laporan tentang ketidak hadiran peserta UN.

Wakil Kepala Sekolah MTsN Rambah H Masri Manas SPdI yang juga Ketua Panitia UN pada MTsN Rambah, mengatakan bahwa peserta UN di MTsN Rambah sebanyak 166 orang, ditambah dengan 19 orang dari MTs Raudhatussalam Rambah, sehingga seluruhnya berjumlah 185 orang.***(rls/ran)