Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Serentak
Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Serentak

Jakarta(SegmenNews.com)– Bupati H Herliyan Saleh menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mensukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak pada Desember 2015. Kesiapan itu salah satunya ditunjukan dalam bentuk dukungan dana pelaksanaan, sosialisasi serta penyuluhan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati sebelum mengikuti rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Rakor dibuka Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjianto, diikuti seluruh gubernur, bupati/walikota serta Ketua DPRD se-Indonesia di Balai Kartini. Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly, Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro.

Dari Bengkalis, selain Bupati turut hadir Ketua DPRD Bengkalis, Heru Wahyudi, Kepala Kesbangpol Rusli, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Bengkalis, Abdul Haris dan Kepala Bagian Humas diwakili Kasubag Peliputan dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Bengkalis, Adi Sutrisno.

Bentuk dukungan Pemkab Bengkalis untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis priode 2016-2021, telah mengalokasikan anggaran pada APBD tahun 2015. Antara lain dana untuk operasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penanggungjawab  Pilkada Tahun 2015 sebesar Rp 33 miliar. Panitia Pengawas  Pemilu  selaku penanggungjawab  pengawasan  sebesar Rp. 14,368 miliar. Sedangkan untuk program kegiatan pendukung lainnya sebesar Rp 1,5 miliar. Dana tersebut belum termasuk alokasi dana untuk pengamanan yang jumlahnya juga konon milyaran rupiah.

“Kita punya tanggungjawab untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Alhamdulillah, dari segi dana Bengkalis sudah siap. Begitu juga dengan dukungan aparatur untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang pelaksanaan Pilkda serentak ini,” ungkap Herliyan Saleh, seperti dikutip Kepala Bagian Humas.

Dikatakan Herliyan, setelah Rakor di Jakarta ini, Pemkab Bengkalis akan menindaklanjuti dengan mengadakan rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pemerintah Daerah, camat, kepala desa/lurah serta instansi dan stakeholder terkait lainnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemkab Bengkalis untuk membantu KPU Kabupaten Bengkalis dalam  terlaksananya  Pilkada dengan lancar dan sukses.

Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Serentak
Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Serentak

Dukungan lain yang telah dilakukan Pemkab Bengkalis jelang pelaksanaan Pilkada 2015 ini, berupa dukungan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) dan  Panitia Permilihan Suara (PPS). Melalui surat Bupati Bengkalis Nomor   100/Tapem/245 tanggal 16 April 2015 yang ditujukan kepada camat se-Kabupaten Bengkalis.

“Juga dukungan aparatur (PNS) untuk ditempatkan di Sekretariat KPU kabupaten, Sekretariat Panwas Kabupaten, Sekretariat PPK di setiap kecamatan dalam mendukung kegiatan operasional penyelenggaraan Pilkada  Tahun 2015,” ungkap Herliyan.

Sementara itu, menurut Ketua DPRD Bengkalis, Heru Wahyudi, pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2015 ini, merupakan hajatan pesta demokrasi lima tahunan. Untuk itu, semua pihak harus bergandeng tangan untuk mensukseskan hajatan tersebut. Apalagi, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bengkalis, berlangsung lancar, aman dan tertib. “Pengalaman sebelumnya menjadi modal kita semua, untuk itu harus kita pertahankan pada pesta demokrasi pilkada pada bulan Desember mendatang,” ujar Heru Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol, Rusli mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya melakukan penyuluhan terhadap masyarakat di delapan kecamatan. Terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pendidikan maupun pemilih pemula. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat kita juga segera akan memasang spanduk, baliho, bilborad dan poster tentang Pilkada. Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada, terutama dalam memberikan suara pada hari H pelaksanaan dan menjaga kekompakan dan persatuan di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Bagian Tapem Setda Bengkalis, penduduk Kabupaten Bengkalis  sebanyak 522.431 jiwa dan jumlah pemilih berdasarkan hasil pendataan pemilih dan pendataan penduduk berkelanjutan (P4B) tahun 2015 adalah  419.981 jiwa. Sedangkan jumlah TPS mencapai 1.187 yang tersebar pada 156 desa/kelurahan.***(advertorial/hms)