Riau Masuk Segitiga Emas
Riau Masuk Segitiga Emas

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Provinsi Riau diyakini masuk dalam zona strategis Asia, letak geografis ini diyakini pula bahwa Provinsi Riau berada dalam zona segitiga emas. Selain Riau, ada dua wilayah lagi yang masuk dalam zona ini, yaitu Singapur dan Malaysia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau Yulwiriawati Moesa dalam diskusi terbatas Melanjutkan Moratorium untuk Melindungi Hutan Indonesia Bersama sejumlah NGO. “Jadi posisinya segitiga emas itu Riau, Singapore, dan Malaysia,” katanya, Selasa (05/05/2015).

Menurut Yul, posisi strategis yang dimiliki oleh ke tiga wilayah ini memberikan potensi besar untuk perkembangan perekonomian di area tersebut. Selain berada di wilayah strategis, Riau menjadi daya tarik bagi negara luar terutama pemberdayaan Sumber Daya Alam yang melimpah

“Riau penyumbang 30 persen Crude Palm Oil CPO untuk Indonesia. Kemudian luas lahan gambut di Riau sebanyak 5,7 ribu hektare lebih,” tambahnya.

Potensi sumber daya alam Riau perlahan mulai terancam dengan adanya potensi kebakaran hutan yang cukup besar. Kondisi ini terus terjadi terutama beberapa tahun belakangan, Riau mengalami mencana kebakaran dalam skala yang cukup besar.***(btp)