Walhi Riau Kawal Pansus Evaluasi Lahan (Riko Kurniawan)
Walhi Riau Kawal Pansus Evaluasi Lahan (Riko Kurniawan)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Wanaha Lingkungan Hidup (Walhi) Riau mengaku akan mengawal Panitia Khusus (Pansus) evaluasi lahan yang dibentuk oleh DPRD Provinsi Riau.

Menurut Direktur Eksekutif Walhi Riau Riko Kurniawan, bentuk pengawalan ini dirasa penting sebab, hampir semua lapisan masyarakat sudah menggantungkan harapan kepada pansus ini untuk mengusut kembali dugaan kecurangan sejumlah perusahaan Riau dalam menjalankan bisnisnya.

“Terutama kami akan kawal soal perizinan perusahaan hutan tanaman industri,” tambahnya.

Bentuk pengawalan yang akan dilakukan Walhi dalam mengawasi pansus ini, yakni dengan cara membentuk pergerakan jalanan dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Dia menambahkan langkah yang sudah dilakukan DPRD Provinsi dengan membentuk panitia khusus untuk mengevaluasi perluasan lahan produksi perusahaan di Riau ini dinilai positif, karena tindakan ini sudah mengakomodir kepentingan masyarakat soal kecurangan-kecurangan yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

“Kami berharap hasil rekomendasi tim pasus ini nanti akan diakomodir dalam bentuk peraturan daerah. Agar regulasi kedepannya jelas. Tidak seperti sekarang, yang masih ngambang di mana batas jelas yang harus dikelola oleh perusahaann,” rambahnta.

Sebelumnya, Tim Pansus Monitoring Evaluasi Perizinan Lahan berjanji akan mengungkap fakta-fakta kecurangan sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan di Riau, dalam tiga bulan kedepan selama masa kerja Pansus.

Dalam pengungkapan fakta ini Tim Pansus yang dibentuk DPRD Provinsi ini minta dukungan BPN, Dinas Perkebunan, dan Dinas Kehutanan, serta Direktorat Pajak untuk melengkapi data. Mereka menduga ada kebocoran pajak perusahan sebesar Rp 60 milyar, sehingga merugikan negara.***(btp/chir)