Bupati Irwan Kukuhkan FPK Meranti
Bupati Irwan Kukuhkan FPK Meranti

Selatpanjang(SegmenNews.com)- Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kepulauan Meranti resmi terbentuk. Pengukuhan Pengurus FPK langsung dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si, di Ballroom Afifa, Selatpanjang, Selasa (5/5/2015).

Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan, sesuai dengan Keputusan Bupati No. 143.1/HK/KPTS/IX/2015. Dan dihadiri langsung Ketua FPK Provinsi Riau, Fauzy Gani, Forkopinda, Kapolres Meranti AKBP. Pandra, Ketua FPK terpilih H. Hamzahdin, Asisten I Sekda Meranti Alizar, S.Sos, Kakankesbangpol Ahmad Yani serta tokoh masyarakat lainnya.

FPK merupakan lembaga sosial yang menaungi suku, agama dan ras, diantaranya bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembaharuan, menghimpun berbagai masalah daerah serta sebagai forum dialog pemuka adat suku dan masyarakat. Sesuai dengan fungsinya tersebut, Bupati berharap FPK dapat melaksanakan peranya dengan baik dalam rangka mewujudkan konsusifitas di Kabupaten Meranti.

Diakui Bupati, Meranti yang dikenal dengan Tanah Jantan sangat sensitif terjadinya gesekan sosial.  Untuk meredam hal itu, sangat diperlukan forum kemasyarakatan seperti FPK dalam mengantisiaspi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Diingatkan Bupati Irwan, kemajemukan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, jangan menjadi sebuah kelemahan yang dapat menjadi perpecahan. Kemajemukan itu hendaknya dapat menjadi sebuah potensi luar biasa dalam membangun Meranti lebih maju dimasa yang akan datang.

Diceritakan Bupati, dahulunya Meranti terkenal dengan dunia premanismenya, tiap tamu yang datang mulai dari pelabuhan sudah merasa tidak aman, karena diikuti dan sebagainya. Namun seiring waktu berjalan, masyarakat Meranti semakin dewasa dan daerah ini menjadi sangat kondusif. Semua itu berkat kerjasama semua pihak mulai dari tokoh masyarakat, adat, agama hingga aparat kepolisian. Dan masa premanisme yang sempat menghiasi masa kelabu Meranti tidak terulang lagi.

“Terima kasih kepada pihak Polres dan jajaran yang telah mendukung kehidupan damai dan aman di Kabupaten Meranti,” jelas Irwan.

Bupati tidak ingin, peristiwa kekacauan ditahun 2000 lalu yang menyebabkan ekonomi Meranti hancur, kemiskinan tinggi kembali terjadi. Kini, setelah Meranti bangkit dan kondusif Bupati mengajak masyarakat mempertahankan dan menikmati kesejahteraan ini dengan memotivasi diri dan keluarga serta kelompok tetap menjaga kondusifitas.

Sementara Ketua FPK terpilih, H. Hamzah, mengucapkan apresiasinya atas kepemimpinan Bupati Irwan yang selama ini telah berhasil menciptakan kondusifitas di Tanah Jantan yang terkenal panas. “Sejak Bupati Irwan menjabat, Meranti terasa sejuk dan teduh jauh dari kerusuhan, mungkin ini tuahnya Bupati, kedepan mari terus kita jaga suasana aman dan damai ini,” ajak H. Hamzah.***(kpr/mn)