Pekanbaru(SegmenNews.com)- Sumbangsi masyarakat Kota Pekanbaru sangat tingggi dalam mengelola dan membangun sarana serta lembaga pendidikan dari bergai segmen, setidaknya hampir 50 persen lembaga pendidikan di berbagai tingkatan di Pekanbaru dikelola dan dibangun oleh masyarakat.

Hal itu diungkapkan Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, Minggu (10/5) saat menyampaikan sambuatn pada Milad ke 6 SD Insan Madani milik Yayasan Muamar Kadafi di lapangan SD Insan Madani Jl Purwodadi Ujung Panam dengan dihadiri Kadis Pendidikan Prof Zulfadhil, Kadis Dikpora Yusuf, Kepala BKD Haris Rozie, Kadis Koperasi Ingot Ahmad, Camat Tampan Syamsuir, serta sejumlah lurah di wilayah Kecamatan Tampan.

Walikota menyebutkan bahwa peran serta masyarakat dalam membangun dan mengembangkan sangat menggembirakan, karena apa yang dilakukan masyarakat sudah jelas bertujuan memajukan pendidikan di Indonesia serta mendidik generasi muda untuk menjadi generasi yang tangguh, mandiri dan berdaya saing.

“Indonesia adalah negeri yang sangat beruntung, dengan jumlah penduduknya yang sangat banyak, wilayah sangat luas, serta sumber daya alam yang sangat melimpah. Tetapi Kita masih jauh tertinggal dari negera maju lainyya di ASis sepertyi Jepang dan Singapuura, sementara kedua Negara tersebut memiliki usia yang jauhlebih muda dari Indonesia,’’ ujar Walikota.

Disebutkan Walikota bahwa Indonesia tertinggal dari Negara Asean lainnya seperti Jepang, Singapura bahkan Malaysia, karena selama Indonesia terlena dan bertumpu kepada hasil Sumber daya alam yang sangat banyak.

“Negara lainya dengan segala keterbatasannya dari dulu sangat gencar dengan program pendidikkannya dan membangun SDM yang berkualitas. Sementara bangsa Indonesia terlalu disibukkan oleh urusan lain dan tidak dokus pada dunaia pendidikan,’’ ujar Walikota.

Maka dengan kondisi riil tersebut, Walikota menyampaikan terimkasih kepada Azwir Alimuddin pimpinan Yayasan Muamar Khadafi karena telah ikut berperan serta dalam pengelolaan dunia pendidikan.

“Anak-anak kita sekarang ini aalah calon pemimpin kita di masa datang. Maka mari kita bekali anak-anak kita agar memiliki kecerdasan intelektual, keceradasan Spritual, kecerdasan Sikap dan kecerdasan sosial. Sehingga kita akan memiliki generasi muda yang tangguh, mandiri dan berdaya saing,’’ ujar Firdaus.

Sementara itu, Ketua Yayasan Muamar Kadafi, Azwir Alimuddin menyempaikan terimakasih yang tidak terhingga atas kehadiran Walikiota pada milad tersebut. “MIlad ini juga kita meriahkan dengan jalan sehat dengan hadiah-hadiah bbergengsi yang sebagiannya disumbangkan oleh Walikota serta Kadis dan camat,’’ ulas Azwir.***(chir/hms)