Pekanbaru(SegmenNews.com)- Jalan Kubang Raya yang dijadikan sebagai jalan lingkar guna menghindari Kota Pekanbaru dari Bangkinang menuju Lintas Timur sudah sangat membahayakan pengendara. Karena badan jalan banyak memiliki lobang dalam, selain sudah memakan korban jiwa, juga sudah mematahkan AS kendaraan.

Menurut Anggota Komisi D DPRD Riau dari Fraksi PKB, Yusuf Sikumbang, jika kondisi ini tetap dibiarkan, maka jalan ini akan tetap memakan korban. Apalagi kalau musim hujan, kondisi jalan sangat memprihatinkan, akibat lubang tertutup air. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) khususnya Dinas Bina Marga dan dinas terkait harus segera memperbaiki jalan tersebut.

“Kondisi Jalan Kubang Raya sangat memprihatinkan. Banyak Bus, truk dan mobil pribadi tersangkut dibadan jalan akibat terperosot masuk lubang. Jika jalan itu tidak juga kunjung dibenahi, maka korban semangkin bertambah setiap hari,” kata Yusuf, Senin (18/5).

Yusuf Sikumbang Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru ini mengaku, sudah beberapa kali turun ke lapangan untuk melihat kondisi jalan, terutama akses dari Jalan Panam ke Kubang Raya, kondisi jalan sangat hancur sekali. Kemudian dirinya telah berkomunikasi melalui hubungan telephon dengan dinas terkait untuk meminta segera dilakukan perbaikan jalan tersebut.

Dan dinas terkait juga sudah menjanjikan akan memperbaiki jalan tersebut, namun sampai saat ini belum ada realisasi sama sekali.

Dikatakan Yusuf, sebenarnya untuk perbaikan jalan tersebut tidak perlu ditunda lagi dengan berbagai alasan, karena kalau pun alasannya adalah masalah dana. Hal tersebut menurutnya sudah ada anggaran tak terduga yang bisa dimanfaatkan.

Tapi kenapa dana itu tidak digunakan atau sudah digunakan untuk kepentingan lain, ini yang akan dipertanyakan kembali ke Pemprov Riau.

Sementara anggaran tak terduga itu setiap tahun pasti disiapkan pemerintah daerah. Baik untuk bencana alam, jalan putus, dan sebagainya. Namun banyak kita lihat kejadian yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak, dana itu juga sulit dicairkan. Sehingga menyebabkan akses transportasi menjadi terganggu.

“Kita heran melihat Pemprov Riau. Kenapa masih membiarkan jalan kubang raya yang sudah hancur itu tidak juga diperbaiki. Padahal jalan itu berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Baik untuk kelancaran akses jalan penduduk disana maupun pengendara kendaraan beban berat yang melintas disitu. Memang bagi orang yang tinggal dikota tidak terasa menderita, tetapi orang menggunakan jalan itu sangat kewalahan dengan kondisi jalan yang buruk,” jelas Yusuf.***(alind)