Kemenag Rohul Cairkan Dana Sertifikasi Guru Rp 3,3 Miliar
Kemenag Rohul Cairkan Dana Sertifikasi Guru Rp 3,3 Miliar

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para guru yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang tenaga pendidik di sekolah dan madrasah, maka Kantor Kemenag Rohul cairkan dana tunjangan profesi guru untuk empat bulan (Januari s/d April 2015) senilai Rp 3,3 Miliar.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Pendidikaan Islam Drs H Syahruddin MSy, kepada sejumlah wartawan media cetak dan elektronik, di kantornya, Jalan IKhlas kompleks perkantoran pemerintah, Kota Pasir Pengaraian, Selasa (19/5/2015).

Dikatakannya, jumlah guru yang dibayarkan tunjangan profesinya empat bulan pertama ini sebanyak 298 orang, terdiri dari 222 guru PNS dan 76 guru Non PNS. Dan masih ada beberapa orang guru yang belum dibayarkan, karena persyaratannya tidak cukup, seperti jam mengajar yang kurang dan atau Nomor Register Guru (NRG) nya belum dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) pusat.

Jika jam mengajar cukup, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersedia, mengajar pada mata pelajaran yang serumpun dengan profesi pendidikannya, tatap muka terpenuhi sesuai standar pendidikan, sertifikat guru profesi sudah dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi berwenang, dan NRGnya sudah keluar dari Kemendiknas Pusat, maka secara otomatis tunjangan profesinya akan dibayarkan dan tidak ada alasan untuk tidak membayarkannya, tegas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, mengatakan bahwa tunjangan profesi ini, telah keluar seminggu yang lalu, sesuai Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D) yang telah diterbitkan, dan dananya ditransfer langsung ke rekening masing-masing guru yang bersangkutan, sehingga tidak dimungkinkan adanya pemotongan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar masing-masing guru professional di lingkungan Kemenag Rohul, baik yang PNS maupun yang Non PNS, termasuk guru agama Islam di sekolah umum, agar mengecek apakah tunjangan profesi tersebut sudah masuk rekeningnya ataukah belum.

Jika belum aga segera dilaporkan kepada kami untuk dilakukan pengecekan apakah ada kesalahan input nomor rekening, nama yang salah dan lain sebagainya, sehingga secepatnya bisa diurus kembali. Sedangkan bagi yang tunjangan profesinya sudah masuk, silahkan digunakan dana tersebut sesuai keperluannya, sebab itu hak masing-masing guru.***(ran/rls)