Pemkab Rohil Siapkan 6 Hektare Lahan untuk SPAM

ilustrasi SPAM
ilustrasi SPAM

Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Air Sei Rokan di Rokan Hilri (Rohil) akan dimanfatakan untuk Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Regional Dumai Rohil Bengkalis (Durolis). Nantinya air Sei rokan ini akan dialirkan dan dinikmati 3 Kabupaten di Riau. Hal itu diungkapkan Plt Sekda Rohil Drs H Surya Arfan M.Si kemarin di Bagansiapiapi.

“Jadi wacana Provinsi kita jadi daerah yang menjadi pemasok air minum untuk Rohil, Dumai dan Bengkalis, ini menajdi program yang sudah disetujui pak Bupati,” kata Surya Arfan. Untuk itulah ia berharap proyek pengerjaan ini bisa terealisasi pada tahun 2016 mendatang.

“Pak Bupati menunjuk loksinya di Tanah Putih, kita bahkan siapkan lahan 6 hektare, nantinya air akan dialirkan ke pipa-pipa,” katanya. Rohil menyambut baik rencana ini sehingga air sei rokan yang tak pernah surut bisa dimanfaatkan dengan baik.

Semenara itu Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno mengatakan, proyek SPSM regional ini akan mulai dikerjakan pada tahun 2016 mendatang. “Dananya dari APBN dan kita relokasikan untuk Rohil,” katanya.

Untuk sisitemnya nanti air Sei Rokan akan disulap menjadi Air Minum namun tidak menggunkan bahan pengawet melainkan dengan sistem Fisika. “Ini air minum bukan air bersih, jadi airnya bisa langsung di konsumsi,” katanya. Pemrov Riau nantinya akan menjal air ini dan untuk intalasi ke masyarakat akan dikeola pemkab Rohil.

“Kita beli air dari Rohil, lalau air itu kita jual kembali jadi kemungkinan Rohil harganya lebih murah dibandingkan Dumai dan Bengkalis,” katanya. Pemprob akan memberikan kewenangan kepada Pemkab Rohil untuk mengelolanya langsung ke masyarakat.

“Pipa besar dari Sungai kita yang buat, kalau pipa kecil intalasi ke masyrakat kita serahkan ke pemkab rohil,” katanya. untuk itulah dalam waktud ekat akan ada MoU antara 2 Bupati dan 1 Walikota wilayah yang akan dialirkan air minum ini nantinya. “;moU dulu barulah kita buat Master Plan dan usulkan 2016 sudha bisa mulai dikerjakan,”pungkasnya.***(adv/hms)