Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir. Hafith Syukri MM, mengaku prihatin terhadap keberadaan pondok pesantren yang saat ini makin terlupakan. Keperihatinan tersebut di sampaikan wakil Bupati Hafith Syukri saat berkunjung Ke Pondok Pesantren Darul Qur”aan Darusalam Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darusalam, Minggu (31/5/2015).

Dalam kunjungan itu, Wakil Bupati Rohul Hafit Syukri, juga menyempatkan diri menjadi Imam Sholat Dzuhur bersama Wali Murid yang hadir ke pesantren Tersebut.

Hafith Syukri Juga menyempatkan diri, untuk berdialog dengan wali Murid yang hadir ke pesantren tersebut. Meski di ruang sederhana dan panas, hafith syukri terlihat santai berbincang dengan Wali murid dan pengurus Yayasan Pesantren seputar permasalahan Pondok, Mulai dari permasalahan minimnya dana operasional Pondok, Minimnya Murid serta permasalahan lainya.

Dalam kesempatan itu Hafith syukri menyatakan bahwa Pondok Pesantren sebenarnya memiliki sejumlah keunggulan dari sekolah-sekolah formal, karena tidak hanya mengajarkan ilmu dunia, tetapi juga mengajrkan ilmu akhirat. Namun dia cukup menyayangkan karena kebradaan pondok pesantren saat ini mulai terlupakan dan hanya di jadikan sekolah alternative.

Padahal sebagai daerah yang di kenal kental dengan nuansa religiusnya, keberadaan pondok pesantren, mestinya menjadi garda terdepan dan pilihan utama dalam menciptakan generasi-generasi islam yang berkualitas, karena tidak hanya mengajarkan pendidikan Formal Saja namun memberikan pondasi iman berupa Akhlak, Budi pekerti dan juga etika sehingga mereka terbentengi dari pengaruh Buruk tekhnologi dan arus globalisasi yang saat ini merorong generasi muda bangsa.

“Saya cukup miris melihat kondisi pondok pesnatren saat ini, seharusnya di Rokan Hulu Pondok pesantren seharusnya menjadi pilihan utama, bukan sebaliknya, dijadikan tempat jika orang tua tidak mampu lagi mendidik anak” kata hafith.

Melihat kondisi pondok pesantren yang makin terlupakan, Hafit syukri memiliki niat untuk memperkuat kelembagaan Pondok pesantren ini. Hafith syukri yang juga bakal calon Bupati Rohul priode 2016-2021 ini menyatakan siap untuk menjadikan penguatan pondok pesantren ini sebagai komitmenya jika kelak di percaya masyarakat memimpin Rohul 5 tahun kedepan.

Menurut dia, penguatan pondok pesantren akan dilakukan dengan cara penguatan dari sisi fisik dan juga kurikulumnya. Dengan penguatan 2 Sektor ini, diharapkan, keberadaan pondok pesantren semakin di minati oleh masyarakat.

“Kedepan keberadaan pondok pesantren harus diperkuat baik dari sisi Fisik beruba fasilitas Pendidikanya dan juga dari sisi kurikulumnya”

Dalam kunjungan itu, hafith syukri juga memberikan bantuan berupa kipas angin kepada pondok pesantren Darul Qur”aan Darusalam. Bantuan itu diberikan wabub bertujuan untuk memberikan kenyamananan para santri dalam mengikuti proses belajar.***(rie)