Ini 4 Klaster Penanggulangan Kemiskinan Oleh Pemkab Siak  ( foto Ilustrasi)
Ini 4 Klaster Penanggulangan Kemiskinan Oleh Pemkab Siak
( foto Ilustrasi)

Siak(SegmenNews.com)– Hingga 2015, masyarakat miskin di Kabupaten Siak masih menunjukkan angka yang masih banyak. Untuk itu Pemkab Siak ditahun ini mengucurkan dana Rp 280 Miliar untuk penanggulangan masyarakat miskin yang mencapai 73.369 orang.

Untuk penyaluran bantuan agar dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten Siak tentunya Pemkab siak akan melakukan dengan 4 Program penyaluran bantuan atau 4 klaster yang ilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Siak. Adapun 4 klaster tersebut yakni:

1- Bantuan program sosial terpadu berbasis keluarga yakni Raskin, sembako murah, rumah layak huni, beasiswa dan pelaratan, bantuan fakir miskin, yatim piatu, penyandang cacat, dan bantuan rumah tangga lansia miskin, serta bantuan sertifikasi tanah, fasilitasi bantuan hukum, bantuan sosial pada panti asuhan.

2- Program berbasis pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan otomotif, menjahit, bordir, pengelasan dan manajemen kewirausahaan, pendayagunaan eks penyandang cacat dan eks trauma, batuan UEP, pemberdayaan eks penyandang penyakit sosial, pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja, pemberdayaan dan perlindungan perempuan lansia, pembinaan dan pengembangan usaha.

3– Program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil seperti, pembinaan industri kecil dan menengah, pelatihan teknis tenun siak, pelatihan produk kerajinan, pelatihan produk kerajinan keramik, dan fasilitasi pengembangan usaha industri kecil dan menengah.

4- Program pengembangan kemiskinan lainnya sebanyak 21 aitem diantaranya adalah ‎bantuan bibit pertanian, bantuan peralatan pertanian, bantuan peternakan, penyediaan anggaran dana desa, insentif Puso Padi dan peningkatan produksi PAD, pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kecamatan Sungai Mandau.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak Yan Prana Jaya, bantuan anggaran tersebut hampir dilakukan setiap tahunnya.***(rinto)