Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Siak Kucurkan Dana Rp 280 Miliar (Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak Yan Prana Jaya)
Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Siak Kucurkan Dana Rp 280 Miliar (Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak Yan Prana Jaya)

Siak(SegmenNews.com)- Untuk menangulangi masyarakat miskin yang saat ini mencapai 73.369 orang. Baca disini>>>. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mengucurkan sekitar Rp280 miliar dana dari APBD Siak 2015.

Penggunaan anggaran tersebut dilakukan dengan 4 klaster oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Siak. (Baca: Ini  4 Klaster Bantuan Miskin Rp 280 M)>>>

Bupati Siak Syamsuar melalui Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak Yan Prana Jaya, bahwa untuk menanggulangi masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Siak ini, Pemkab Siak hampir tiap tahun menganggarkan dana sekitar Rp280 miliar untuk program-program penanggulangan masyarakat miskin.

“Pak bupati cukup memperhatikan masyarakat yang masuk dalam kategori miskin, dan untuk penanggulangannya dibagi 4 klaster dan hal itu cukup dinikmati masyarakat tersebut. Dana dianggarkan dalam APBD Siak, dan akan dilaksanakan oleh SKPD terkait,” ujar Yan.

Dicontohkan Yan pada pembangunan rumah layak huni, di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) tiap tahun Pemkab Siak membangunkan rumah tersebut untuk masyarakat miskin, dan juga bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), bantuan sapi dan pangan lainnya. Bantuan pada rumah tangga lansia.

“Untuk Lansia, itu diberikan bantuan Rp100 ribu tiap bulannya. Dana itu langsung ke yang bersangkutan, dan bantuan rumah layak huni di tiap kecamatan, dan sembako murah,” tambah Yan Prana Jaya yang telah banyak meraih penghargaan tersebut.***(rinto)