Kemenag Rohul Kirim 11 Kontingen Ikuti KSM
Kemenag Rohul Kirim 11 Kontingen Ikuti KSM

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rohul, kirim 11 kontingen untuk mengikuti Kompertisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Riau, yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Prov Riau, pada tanggal 14 s/d 16 Juni 2015, bertempat di hotel Mona, Kota Pekanbaru.

Ke 11 kontingen tersebut adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) 2 orang, mengikuti mata lomba Matematika dan Sains. Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs 3 orang, mengikuti mata lomba Matematika, fisika, dan biologi. Siswa Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 6 orang, mengikuti mata lomba matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, dan geografi. Ditambah dengan pelatih sebanyak 4 orang. Total kafilah sebanyak 15 orang.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Pendidikan Islam Drs H Syahruddin MSy, kepada sejumlah wartawan, di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian, Senin (15/6/2015).

Kegiatan KSM ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan secara rutin dan berjenjang mulai dari tingkat kab/kota sampai dengan tingkat nasional. Para pemenang dari KSM Prov Riau ini, akan dikirim untuk mengikuti KSM Tingkat Nasional tahun 2015, akhir tahun ini, di Kota Palembang Prov Sumsel.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, mengatakan bahwa KSM dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturrahim di antara siswa/i Madrasah mulai dari MI s/d MA dengan jalinan intelektual, sains, dan tekhnologi.

Selain itu, untuk menyalurkan minat dan bakat siswa/i madrasah yang memiliki keahlian di bidang sains, sebab saat ini madrasah bukan hanya mempelajari ilmu agama  murni, tetapi juga mempelajari ilmu pengetahuan umum seperti sains dan tekhnologi, yang pada kenyataannya sekarang cukup bersaing dengan siswa sekolah.

Selanjutnya adalah mencari bibit-bibit unggul yang akan dikirim untuk mengikuti KSM pada tingkat nasional akhir tahun ini di Kota Palembang Prov Sumsel. Diharapkan hasil dari KSM Prov Riau ini, akan menjadi duta-duta Riau pada tingkat nasional, untuk selanjutnya mengharumkan nama Riau di tingkat nasional.

Ketika ditanya tentang target kafilah Rohul sendiri, Ahmad Supardi Mengatakan, kita menargetkan masuk pada jajaran tiga besar, dan setidaknya ada utusan Rohul yang terkirim untuk tingkat nasional nantinya.***(rls/ran)