Balimau Cono Akan Dijadikan Wisata Adat
Balimau Cono Akan Dijadikan Wisata Adat

Ujung Batu(SegmenNews.com)– Masih lestarinya, Tradisi Adat Balimau Cono dan Juga manjolang Mamak di kalangan masyarakat Ujung batu ini menimbulkan inspirasi bagi Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri untuk menjadikan tardisi-tradisi tersebut sebagai Potensi Wisata Adat.

Dia berencana untuk membuat semacam Event yang berisikan adat adat istiadat khas rokan hulu. Dengan adanya event-event adat tersebut diharapkan, para generasi muda dapat mengetahui, apa saja warisan adat yang di tinggalkan para leluluhurnya, sehingga keberadaan adat ini bisa terus di lestarikan.

“Kedepan kita akan upayakan, bagaiaman caranaya, tradisi-tradisi adat seperti balimau cono dan juga manjolang mamak, bisa menjadi potensi wisata adat, sehingga selain bisa terus lestari, potensi ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan” ujar hafit.

Dalam kesemptan tersebut, Hafit syukri mengajak masyarakat Khusunya di ujung batu, untuk terus melestarikan kebudayaan Balimau Cono ini sehingga warisan adat istiadat ini tidak punah.

“Balimau cono dan juga manjolang mamak merupakan warisan adat istiadat dari leluhur kita mari sama-sama kita lestarikan Adat Istiadat ini agar tidak punah” pungkas Hafith Syukri.***(Rie)