Juli, Kabupaten/Kota di Riau Terintegrasi JKN
Juli, Kabupaten/Kota di Riau Terintegrasi JKN

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pemerintah Provinsi Riau menargetkan selambat-lambatnya pada bulan Juli 2015 nanti, seluruh kabupaten / kota di Riau sudah melakukan sinkronisasi Jaminan Kesehatan Daerah atau Jemkesda, ke sistem Jaminan Kesehatan Nasional atai JKN.

Menurut Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Syafril, perkiraan pada bulan Juli itu mengingat, sejumlah kabupaten / kota di Riau sudah melakukan persiapan dan pendataan untuk penerapan sistem itu.

“Kami memperkirakan pada Juli mendatang semua Kabupaten/Kota yang masih belum terintegrasi akan secepatnya terwujud,” katanya.

Dia memastikan dalam waktu dekat ini, sejumlah kabupaten / kota yang sedang mempersiapkan diri adalah kabupaten Inhu, Inhil, Pekanbaru dan Kampar.

Andra menjelaskan, bahwa proses tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota bersama dengan BPJS Kesehatan di daerah masing-masing.

Dengan terintegrasi sistem pengelolaan dan pelaksanaan langsung ditangani oleh pihak melalui BPJS. Sedangkan yang belum terintegrasi badan pelaksaannya adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Kota masing-masing.

“Target nasional, memang menginginkan seluruh daerah telah menerapkan program JKN ini.” tambahnya.***(btp)