Dinsos dan Diskes Diminta Bantu Penderita Tumor Ganas di Siak (kondisi Yusmaneti penderita tumor ganas)
Dinsos dan Diskes Diminta Bantu Penderita Tumor Ganas di Siak (kondisi Yusmaneti penderita tumor ganas)

Siak(SegmenNews.com)- Yusmaneti alias Uting (36), warga RT 16 RW 8 Dusun Teluk Gelam Desa Tanjung Datuk Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis sudah hampir dua tahun harus berjuang melawan penyakit yang dideritanya berupa tumor ganas yang menggerogoti wajahnya.

Walaupun sudah menjalani perobatan dokter, namun karena kondisi fisik Yusmaneti semakin lemah, dan minimnya biaya untuk operasi, akhirnya ibu dua anak ini harus menjalani obat-obatan herbal.

“Sudah lima kali Istri saya menjalani proses pengobatan di Pekanbaru, untuk melakukan proses kemoterapi, tapi akhirnya dokter memutuskan untuk menghentikan kemoterapi tersebut karena kondisi fisik Yusmaneti tidak mengizinkan (sudah terlalu lemah), saat ini lagi mencoba berobat herbal, karena untuk operasi tidak ada biaya, “ujar Elhalim, Senin (29/06/15).

Akibat tumor yang semakin membesar dibagian wajah, Yusmaneti nyaris tak bisa melihat. Pasalnya, benjolan sebesar kepalan tangan orang dewasa tepat berada di mata sebelah kirinya hingga ke hidung, dan lantaran keluarganya juga ekonomi pas pasan, maka untuk membiayai pengobatan Yusmaneti sudah tidak berdaya.

Atas penyakit yang memilukan menimpa keluarga tidak mampu tersebut, anggota Dewan Dapil Siak Kecil Fahrul Nizam meminta Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan, untuk cepat tanggap terhadap warga yang menderita penyakit tumor tersebut, sebab keluarganya merupakan keluarga yang kurang mampu.

“Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, perlu turun tangan membantu warga kita itu, mereka harus dibantu untuk memperoleh pengobatan, Kepala Desa Tanjung Datuk juga seharusnya harus ikut andil dalam memfasilitasi pengobatan warganya, dan memberikan data warganya yang butuh bantuan ke dinas terkait,” ujar Fahrul mengingatkan.

Disisi lain, Camat Siak Kecil Alpi Mukhdor dimintai tanggapannya terkait adanya warga Desa Tanjung Datuk yang menderita tumot ganas, mengatakan akan berkoordinasi dengan instansi terkait supaya mendapat pertolongan pengobatan.

“Terkait adanya warga kita yang menderita penyakit tumor ganas di Desa Tanjung Datuk itu, kita akan berkoordinasi dengan Pemda Bengkalis, agar segera dapat pertolongan dan mendapatkan pengobatan se optimal mungkin, agar bisa sembuh secepatnya,” tutur Camat.***(war/ur)