Karhutla di Rohil Semakin Parah (foto ilustrasi)
Karhutla di Rohil Semakin Parah (foto ilustrasi)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno menyebutkan bahwa kondisi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya semakin hari semakin parah.

Hal itu dikatakannya kepada Plt Gubernur dan seluruh Forkompinda saat menghadiri Rapat Fasilitasi Kordinasi Pimpinan Daerah, Senin (29/6/2015) di ruangan serindit Gedung daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Rapat tersebut bertujuan guna mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Saya kemarin naik helikopter memantau perkembangan Karhutla. Terlihat sekali kondisi kawasan hutan dan lahan yang terbakar pak Gubernur,” kata Suyatno.

Jadi, katanya, setelah melakukan pemantauan udara langsung melakukan kordinasi dengan Kapolres setempat dan memerintah segera penangkapan terhadap pelaku pembakar lahan. “Alhamdulillah pak Plt Gubernur sudah ditangkap satu orang dan akan ber-Lebaran di dalam sel,” ujarnya.

Pada saat itu, Suyatno juga meminta bantuan pada Pemprov Riau dan BNPB agar Water Bombing dikirim ke Kabupaten Rokan Gilir untuk memadamkan titik api yang terus bertambah di daerahnya.***(kpr)