Pemkab Rohul Tingkatkan Pelatihan Imam Masjid
Pemkab Rohul Tingkatkan Pelatihan Imam Masjid

Kunto Darussalam(SegmenNews.com)- Untuk terus merangsang masyarakat dalam melakukan shalat berjemaah di masjid, pemerintah kabupaten Rokan Hulu tahun 2016 mendatang akan semakin meningkatkan pelatihan terhadap imam di seluruh masjid di seluruh kecamatan. Tak hanya bacaan solat, para imam juga akan di latih untuk bisa menjadi tahfiz qur’an.

Rencana tersebut di ungkapkan Bupati Rokan Hulu Drs.H.Achmad Msi, Saat melakukan Kunjungan Safari Ramadan Ke Masjid Riyadhul Mutaqin, kelurahan Kota Lama Kecamatan kunto Darusalam, Jumat malam (26/6/2015).

Menurut Bupati Achmad, Program Pelatihan imam masjid ini, sebenarnya bukanlah sebuah program baru, mlainkan program yang sudah rutin di lakukan setiap tahunya. Namun kedepan, program ini akan terus di tingkatkan, mengingat begitu positifnya program ini karena bisa merangsang masyarakat untuk terus meramaikan masjid.

“Jika imamnya bagus, akan menjadi daya tarik bagi jemaah inilah strategi kita untuk bagaimana meramaikan masjid ” ungkap Achmad.

Ditambahkanya, pelatihan imam ini tidak mememiliki tandensi untuk menjustifikasi bahwa bacaan imam di kecamatan tidak bagus, namun lebih kepada langkah untuk peningkatan kualitas ibadah masyarakat.

Menurutnya, tak hanya bacaan solat, para imam juga akan di latih untuk bisa menjadi tahfiz qur”aan, diharapkan dengan memiliki bacaan yang bagus, serta hafal alqur”aan para imam bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk melakukan solat berjemaah di masjid.

“Bukan artinya bacaan imam itu selama ini tidak bagus, namun kita ingin, imam di seluruh kecamatan itu punya kualitas bacaan yang sama, sehingga masyarakat tertarik untuk melakukan solat berjemaah di masjid,” jelasnya.

Pada kunjungan safari ramadan di kecamatan kunto darusalam ini bupati Rohul Drs. dan wakil bupati juga menyerahkan bantuan masjid riyadhul mutaqin sebesar 50 juta rupiah santunan anak yatim Rp 20 juta, 25 alqur”aan dan juga bantuan bazanaz sebesar Rp 151 juta rupiah.

Selain di hadiri Bupati Drs.H.Achmad dan Wakil Bupati Rohul H.Hafith Syukri MM, dalam kegiatan safari ramadan tersebut juga hadir Dandim 0313 KPR, Letkol Kav Yudi Prasetyo, sekdakab Rohul Ir.Damri Harun, serta kepala dinas badan dan kantor di lingkungan Pemkab Rohul.***(Adv/Hum)