Siak(SegmenNews.com)- Bupati Siak, H Syamsuar beserta rombongan melaksanakan safari ramadhan di masjid Syuhada Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Senin (29/6/15). Bupati an rombngan disambut hangat dengan penuh suka cita oleh masyarakat dan para tokoh setempat.

Dalam Sambutannya Bupati Siak H Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kabupaten Siak khususnya kecamatan Siak Kampung Suak Lanjut atas dukungan dan partisipasi dari berbagai program pembangunan di kabupaten Siak.

Telah banyak penghargaan yang telah kita peroleh hingga tingkat nasional, mulai dari penghargaan pemerintahan, kelompok masyarakat, kelompok peternakan dan lain-lain. Itu semua atas dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

“Beberapa hari yang lalu Saya menerima surat dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyatakan Kabupaten Siak berhasil menjadi juara I untuk wilayah barat, dan dianggap layak untuk menerima penghargaan dari Presiden atas kepeduliannya terhadap pembangunan kebudayaan, sedangkan untuk wilayah Timur Ternate dan Wilayah Tengah adalah Banyuwangi,” kata Bupati.

Jadi waktu itu lanjut Bupati, ada 6 (enam) daerah yang diseleksi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menguji bersama Tim independen, yakni Kabupaten Siak, Wakatobi, Singkawang, Bengkulu, Ternate dan Banyuwangi.

Saya mengapresiasi kepada masyarakat Siak yang sadar untuk tidak membakar lahan, karena pada saat dirinya mengikuti Rapat Forkopimda Provinsi Riau di Pekanbaru. Pada rapat tersebut dibahas masalah kebakaran hutan dan lahan, saat ini sudah masuk musim kemarau (El Nino) yang diperkirakan hingga bulan Nopember mendatang.

Selain membahas Karhutla pada rapat tsrsebut juga membahas pengamanan mudik lebaran, masalah listrik, sembako, gas LPG, makanan kadaluarsa dan makanan yang berwarna. Saya himbau kepada masyarakat untuk berhati hati terhadap makanan yang mengandung zat pewarna, seperti makanan dari luar daerah Malaysia dan Thailand.

Masalah kendaraan dinas untuk pulang mudik, Bupati memberikan izin kepada para pegawainya untuk mudik membawa kendaraan dinas. Dengan syarat jika terjadi kerusakan ditanggung oleh yang bersangkutan.

Ia menginstruksikan kepada kepala Dinas kesehatan agar setiap Puskesmas kecamatan untuk buka 24 jam, apalagi daerah kecamatan yang rawan kecelakaan.

Terakhir pada rapat tersebut membahas pengamanan Pilkada pada bulan Desember mendatang. Ia mengajak kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap isu isu negatif dan tentunya pelaksanaan Pilkada tersebut dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib.

Saat ini kita sedang gencar-gencarnya melakukan promosi daerah dan memanfaatkan potensi daerah dalam rangka untuk menambah PAD. Karena kita keterbatasan sumber daya alam kita yang terus menurun, apalagi saat ini harga minyak dunia turun yang berimbas kepada dana bagi hasil minyak dari pemerintah pusat ke daerah.

Saya meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga suasanan aman dan ketertiban serta waspada terhadap orang-orang yang akan berbuat jahat di daerah kita ini. Walaupun negeri kita ini aman dan kondusif akan tetapi tetap ada juga pihak-pihak yang memanfaatkan suasana tersebut, harap Bupati.

Memasuki sepuluh malam kedua bulan Ramadhan ini Bupati mengajak kepada masyarakat agar memperbanyak istighfar, meminta maaf kepada sesama, dan memohon ampun kepada Allah SWT, karena sepeluh malam ke dua Ramadhan ini merupakan malam pengampunan, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Siak kepada RT, RK, Kepala Dusun, Kepala Lingkungan, Penghulu/Lurah atas partisipasinya ikut serta dalam melaksanakan pembangunan sehingga Kabupaten Siak banyak memperoleh Penghargaan, baik tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional.

Disamping itu juga diserahkan bantuan kepada Anak Yatim berjumlah 353 orang sebesar Rp. 200.000,- per orang, bantuan kepada fakir miskin berjumlah 284 orang sebesar Rp. 500.000,- per bulan, bantuan ini telah diserahkan sebelumnya pada Acara Gemar Siak Berzakat II. Kemudian bantuan untuk Masjid pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Siak sebesar Rp. 25.000.000,-, Mushola Baitunnajah Paret Baru Rp. 10.000.000,-, bantuan dari Bank Riau Kepri cabang Siak untuk Masjid Syuhada sebesar Rp. 2.000.000,- dan bantuan Al Quran terjemahan dan Sajadah, serta penyerahan sertifikat tanah gratis bagi nelayan Desa Langkai sebanyak 8 orang dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan kerjasama dengan BPN dan Dinas Peternakan Perikanan Kabupaten Siak, Pemutihan sertifikasi hak atas tanah kepada nelayan.***(rls/rinto)