Pemkab Siak Terus Upayakan Pemerataan Pembangunan di Pelosok
Pemkab Siak Terus Upayakan Pemerataan Pembangunan di Pelosok

Siak(Segmennews.com)- Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama dalam pembangunan hingga pelosok Desa. salah satunya adalah program merangkai kampung yaitu dengan membangun jalan dan jembatan dari kampung ke kampung sesuai yang di inginkan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Siak H Alfedr saat memberikan sambutan diacara safari ramadhan di Masjid Jami’ Nurul Huda Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh, Rabu 1 Juli 2015 malam.

Turut hadir dalam safari tersebut, Kajari Siak Zainul Arifin, Asisten II Setda Kab Siak H Syafrilenti, Camat Sabak Auh Suparni, sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Siak, Penghulu Rempak Salman Alfarisi, Kapolsek Sabak Auh, tokoh Masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Kampung Rempak, dan Ustad H Fajriansyah Sekjend MUI Provinsi Riau.

Dikesempatan itu, Alfedri juga menyinggung masalah pembagunan Listrik, air bersih untuk kecamatan Sabak Auh ini. Kedepan, akan kita bangun Pabrik kelapa Sawit (PKS) di Sabak Auh ini, yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Tentu dengan adanya PKS tersebut dapat menekan biaya transportasi dalam hal ini menguntungkan bagi petani Sawit. Selanjutnya kami sedang mengupayakan hal-hal yang menjadi pendukung dalam pembangunan Pabrik kelapa sawit tersebut.

Di era globalisasi saat ini sudah sepatutnya kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Siak ini. Kita harus persiapkan anak-anak generasi penerus ini agar memiliki pendidikan yang baik, sehingga dapat bersaing dengan daerah lain.

Untuk itulah kita buat program wajib belajar 12 tahun dan kita gratiskan. Kita bangun akademi komunitas, politeknik negeri Siak, serta telah dibangun Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) di kecamatan Tualang.

Selanjutnya kita bangun pendidikan keagamaan dengan membangun pesantren di setiap kecamatan. Saat ini pesantren gontor putra di Sungai Mandau menerima santri baru, serta Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia di Tualang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Siak menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Sabak Auh, diantaranya bantuan Sertifikat tanah Gratis bagi masyarakat Miskin, Penghargaan untuk ketua RT, RK, Kepala Dusun, Penghulu atas partisipasinya dalam membantu program pemerintah, dan Bantuan untuk Masjid dan Mushola, serta penyerahan Sertifikat tanah gratis bagi Nelayan perikanan tangkap dari program kegiatan sertifikasi ha katas tanah nelayan dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan kerjasama dengan Dinas Peternakan Perikanan dan kelautan Kabupaten Siak dan Badan Pertanahan Kabupaten Siak serta penyerahan bantuan untuk kampong Sakinah dari Camat Sabak Auh berupa Al Quran terjemahan dan buku tata cara sholat lengkap.

Selain itu juga diserahkan bantuan Masjid dan Mushola antara lain Masjid Al Furqon Kampung Belading dan Masjid Al Hidayah kampung Selat Guntung masing Rp. 25 juta serta Mushola Kampung Sungai Tengah sebesar Rp. 10 juta.

Untuk Bantuan anak yatim sebanyak 174 orang masing masing menerima 200 ribu rupiah dan fakir miskin sebanyak 20 orang dengan jumlah 200 ribu rupiah/bulan. Selanjutnya acara safari ramadhan di tutup dengan santapan rohani oleh ustad Fajeriansyah.***(rinto)