Pemkab Rohul Datangkan Ustadz Musthafa Umar di Malam Nuzulul Qur'an
Pemkab Rohul Datangkan Ustadz Musthafa Umar di Malam Nuzulul Qur’an

Rokan Hulu(segmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) dan para jamaah shalat insya, terawih, dan witir di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian, Sabtu (4/7/2015) malam memperingati malam Nuzulul Quran.

Peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan oleh Pemkab Rohul di Masjid Agung, menghadirkan penceramah yakni Al-Ustadz Dr. Musthafa Umar, Lc MA. Dalam ceramah singkatnya, Musthafa Umar menyampaikan tentang turunnya Alquran dan kandungan Alquran.

“Dengan Alquran tidak hanya diturunkan diatas kertas, tapi mari kita mengamalkannya dalam jiwa, Alquran harus bisa menjadi pedoman bagi kita semua, ” kata Al-Ustadz Musthafa Umar dalam ceramahnya.

Asisten II Setdakab Rohul, Syamsul Bahri, S.Sos. M.Si mewakili Bupati Rohul mengatakan, peringatan Nuzulul Quran merupakan media silaturahmi dan interaksi dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran.

“Ini menjadi momentum kita bersama, dan menjadi bekal bagaimana kita mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran,” kata Syamsul Bahri.

Menurut Syamsul Bahri, hampir setiap hari masyarakat muslim membaca Al Quran sebagai bentuk ibadah kepada sang khalik, karena itu juga menjadi bagian dari interaksi dengan Allah SWT. “Kesalahan seseorang juga bisa dilihat dari pemahaman terhadap Al-Quran,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, Rohul sebagai Negeri Seribu Suluk harus bisa teraplikasi dalam kehidupan masyarakatnya, untuk itu bisa diwujudkan dengan pemahaman Al-Quran yang baik. “Mari kita jalankan kehidupan dengan nilai-nilai ALquran sehingga kita bisa menjadi manusia yang shalih,” tandasnya.

Sementara itu, ketua harian Badan Pengelola Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian, Mirza Hamzah, SE berharap, dengan peringatan Nuzulul Quran ini masyarakat Rohul lebih baik lagi dan mampu memahami ajaran islam dengan baik sehingga bisa tercipta masyarakat yang madani.

“Tentunya nilai-nilai Al Quran yang harus kita pedomani sebagai bentuk kesalihan kita sebagai manusia,” katanya.***(adv/hum)