Ratusan Kios Pasar Cik Puan Terbakar
Ratusan Kios Pasar Cik Puan Terbakar

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Ratusan kios sederhana di Pasar Loket atau pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Sukajadi, Senin (6/7) malam, sekitar pukul Pukul 19.30 WIB, hangus dilalap si jago merah. Api mulai merambat sekitar pukul 19.30. WIB, saat mayoritas umat Muslim menunaikan ibadah sholat Tarawih.

Sebanyak lima belas unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Saat peristiwa ini terjadi, ratusan orang berbondong-bondong menyaksikan kejadian nahas ini. Jalanan menjadi macet, karena masyarakat memenuhi jalan untuk menyaksikan dan mengabadikan peristiwa ini dengan telepon genggam.

Kemacetan jalan sempat menghambat kelancaran arus kendaraan lima unit mobil pemadam kebakaran yang datang memberikan bantuan. Untung saja polisi lalu lintas dengan sigap, memblokir pintu masuk ke Jalan Nangka untuk memberikan kesempatan kepada mobil pemadam kebakaran lalu lalang mengisi air. Sumber air tambahan diambil dari kolam air mancur di depan Kantor Walikota Pekanbaru.

Puluhan orang naik ke puncak Ruko di kiri kanan lokasi kebakaran untuk melihat, bahkan memotret lidah api yang membumbung ke udara. Hawa panas sangat terasa hingga radius 100 meter dari titik kebakaran. Namun tak mengurangi animo masyarakat untuk melihat dari dekat.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian materi akibat peristiwa ini ditaksir miliran rupiah. Sampai pukul 22.00 WIB, api belum dapat dipadamkan sepenuhnya. Lima mobil pemadam kebakaran masih bolak-balik mengisi air untuk disemprotkan ke titik api kebakaran.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih oleh petugas pemadam kebakaran Kota Pekanbaru untuk memadamkan kobaran api yang melahap ratusan kios yang berada di Pasar Cik Puan.

Seluruh unit mobil pemadam milik Pemerintah Kota Pekanbaru serta dibantu dengan beberapa unit mobil pemadaman provinsi Riau dan milik PT Chevron berjumlah sekitar 18 unit dikerahkan untuk memadamkan api yang melahap ratusan kios di Pasar Cik Puan, sehingga pada pukul 22.30 WIB kobaran api tersebut sudah dapat dijinakkan.

Kebakaran Pasar Cik Puan yang terjadi pada pukul 19.30 WIB, setelah 15 menit kemudian api menjalar begitu cepat sehingga membakar hampir seluruh kios yang ada di Pasar Cik Puan, namun pada pukul 20.00 WIB barulah datang beberapa unit pemadam kebakaran bersama personelnya.

Kebakaran hebat yang terjadi di Pasar Cik Puan ditengarai pertama kali dari kios yang menjual rempah-rempah. Sekitar pukul 22.30 WIB baru bisa dipadamkan.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Aries Syarif Hidayat yang turun ke tempat kejadian perkara kepada wartawan menegaskan pihaknya saat ini sedang menyelidiki kasus ini.

“Kami belum bisa mengatakan dari mana sumber api, kami sedang menyelidikinya,” tegas Kapolresta.***(bid)