Ini Pola Makan Tepat Pencegah Kanker
Ini Pola Makan Tepat Pencegah Kanker

SegmenNews.com- Sebagai salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia, kanker adalah ancaman yang besar bagi manusia. Penyakit tidak menular ini, juga semakin banyak terjadi di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Hal ini dipengaruhi gaya hidup sebagian besar orang urban.

Hal ini diungkapkan peneliti dari American Cancer Society, yang mengungkapkan gaya hidup, khususnya pola makan, adalah hal utama yang memengaruhi perkembangan sel kanker dalam tubuh, baik penanganan, maupun yang paling diprioritaskan, yakni tindak pencegahan.

Everyday Health melansir, jenis makanan yang dikonsumsi untuk mencegah kanker, haruslah memenuhi kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan seperti buah, sayur, dan gandum, bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Pasalnya, beberapa penelitian berhasil menunjukkan adanya kandungan mikronutrien, yang merupakan antioksidan terkuat dalam makanan tersebut. “Antioksidan dapat menghalau zat buruk dalam tubuh, salah satunya yang memicu kanker,” ujar salah satu peneliti.

Sebagai asupan pelengkap, konsumsilah sumber protein yang baik seperti yang didapatkan dari olahan kacang kedelai. Kebaikan kedelai untuk mencegah kanker, dibuktikan melalu sebuah penelitian yang dilakukan Amanda Bontempo, MS, RD, CDN, yang diterbitkan dalam jurnal onkologi tahun 2012.

Tidak hanya jenis, namun jumlah makanan yang dikonsumsi juga bisa memberi pengaruh besar pada langkah pencegahan kanker yang Anda lakukan, “Obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit kanker, jadi gejalanya harus tetap diawasi,” ujar Amanda. Selain itu, penting bagi Anda menerapkan gaya hidup sehat tanpa alkohol dan rokok, agar hasilnya optimal.
Red: hasran
Sumber: viva.co.id