Bupati Achmad Targetkan Zero Insiden
Bupati Achmad Targetkan Zero Insiden

Rokan Hulu(SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad menargetkan zero indisen pada Operasi ketupat tahun 2015. Selama 16 hari operasi supaya tercipta stuasi dan kondusifitas serta Kamtibmas sehingga tercipta Zero Insident.

Dalam kesempatan itu yang Inspektur Upacara (Irup), Bupati Rohul Achmad, tampak hadir Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri, Kapolres Rohul, AKBP Pitoyo Agung Yuwono, Kejari Pasir Pangaraian, Syafiruddin, Dandim 0313 Kampar,, Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi (Dishumkominfo), ratusan personil Polri, TNI, Satpol PP, para petugas kesehatan dan lainnya.

Usai upacara yang digelartTaman Kota Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah, Kamis (9/7/2015) Bupati Rohul beserta pejabat lainnya, melakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) berupa, minuman berakohol, tuak, VCD Porno, petasan dan lainnya, dilakukan pemkabaran sebagai digiling dengan alat berat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohul menegaskan dalam operasi itu diharapkan tidak ada kecelakaan, sebab kalau peralatan kurang tapi pekerjaan maksimal, itu baru bagus, tapi kalau peralatan mantap dan pekerjaan maksimal itu wajar.

Selanjutnya, ditanyakan beberapa titik di Rohul masih ada yang berlobang dan rentan menimbulkan kecelakaan, Jawab Bupati Rohul, secara bertahap akan dibangun dengan sebaik mungkin. Tapi sebagain jalan yang rusak itu, sebagai besar masuk dalam status Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) Riau.

Kapolres Rohul Pitoyo Agung Yuwono mengatakan dalam operasi ketupat tahun 2015 Mapolres Rohul ditargetkan zero insiden laka lantas, baik luka berat maupun korban meninggal dunia akibat kecelakaan sehingga arus mudik tahun 2015 di Kabupaten Rokan Hulu berjalan lancar.

Pitoyo Agung Yuwono menyampaikan untuk operasi ketupat tahun ini Polres Rohul sediakan 7 pengaman Pos, 3 pelayan di antaranya merupakan pos pelayanan yang disediakan pertama di simpang (Tribrata) TB Desa Puo Raya Kecamatan Tandun, simpang 4 lampu merah Taman Kota Pasir Pengaraian, simpang Kumu Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir.

“Sedangkan untuk pospam ada 4 titik, Pertama di Kecamatan Tambusai, Simpang Ngaso, Kecamatan Kabun dan Simpang Siabu Kecamatan Ujung Batu,” jelasnya.

Sementara Dandim 0313 KPR, Yudi Prasetio mengatakan peran TNI sendiri alam operasi ketupat 2015 bahwa TNI akan tetap ikut berpatispasi dalam mensukseskan arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriyah tahun 2015. TNI sendiri juga akan berperan aktif dan ikut berada di dalam pos pelayanan dan POSPAM mulai H-7 sampai H+7, tandasnya.

Berdasarkan Anggaran DIPA personil yang bertugas pada operasi ketupat tahun 2015 akan diturunkan sebanyak 109 personil namun hal ini diduga tidak cukup mengcover wilayah Rohul sehingga Kapolres membuat kebijakan penambahan 434 personil, Jelas Kapolres Rohul.***(Adv/hms)