Puluhan Hektar Lahan Terbakar di Pekanbaru
Puluhan Hektar Lahan Terbakar di Pekanbaru

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Puluhan hektare lahan terbakar di Kecamatan Payung Sekaki tepatnya di jalan Riau Ujung Air Hitam, Sabtu (11/7/15) peristiwa tersebut membuat warga panik, karena asap tebal mengepul dan mulai mengganggu pemandangan masyarakat sekitar. Takut terjadi hal-hal yang merugikan, maka masyarakat menghubingi Walikota Pekanbaru dan pemadam kebakaran.

Mendapat laporan tersebut Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama 3 unit mobil pemaam beserta tim pemadam turun kelokasi. Dari pantauan tim dilapangan, diduga kuat lahan tersebut sengaja dibakar. Walikota memerintahkan kepada Camat dan Lurah untuk memastikan siapa pemilik dari lahan yang terbakar tersebut.

“Kita sayangkan sekali tindakan pemilik lahan atau pihak yang melakukan pembakaran ini sepertinya tidak menghiraukan larangan hukum untuk tidak membakar lahan atau hutan, dan yang lebih kita sayangkan sepertinya pelaku tidak mau peduli dengan kondisi udara di Pekanbaru pada khususnya dan Riau pada umumnya yang saat ini sedang dilanda bencana kabut asap yang sudah berada pada tingkat tidak sehat. Kuat dugaan kita bahwa lahan ini sengaja dibakar, maka Camat dan Lurah kita perintahkan untuk memastikan siapa pemiliknya, selanjutnya buat laporan kepada pihak kepolisan untuk diproses secara hukum,” tegas Wako.

Untuk itu menurut Walikota, secara tegas sudah meminta tim termasuk camat, Kapolsek dan Lurah untuk melakukan investgasi serta pendalaman atas peristiwa itu, dan bila cukup bukti maka pihak penegak hukum diminta untuk segera mengambil tindakan tegas.***(chir)