Bupati Hidupkan Kembali Tradisi Lampu Colok
Bupati Hidupkan Kembali Tradisi Lampu Colok

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu Drs.H.Achmad.Msi mengajak seluruh masyarakatnya khususnya di sepanjang jalan-jalan raya agar memasang lampu colok, baik memakai hiasan seperti masjid maupun nuansa islami lainnya.

Hal tersebut disampaikanya saat memimpin apel di halaman kantor Bupati Rohul, Senin (13/7/15). Bupati berkeinginan tradisi pemasangan lampu colok jelang lebaran yang sudah ada sejak zaman dahulu itu kembali di hidupkan. Sebab di zaman sekarang tradisi tersebut sudah mulai hilang.

Padahal tradisi tersebut bermanfaat menyemarakkan datangnya hari raya idul fitri, dan suasana juga akan tampak indah dengan berbagai penerangan lampu colok yang dihiasi dengan berbagai bentuk nuansa islami.

“Mari kita hidupkan kembali tradisi lampu colok. Disaat lampu dipasang maka, lampu-lampu jalan akan dimatikan, sehingga penerangan lampu colok yang indah akan terpancar menghiasi Rokan Hulu,” ajak Bupati.

Sedikit diceritakan Achmad bahwa, diwaktu dirinya masih kecil, setiap akan lebaran, masyarakat selalu bergotong royong untuk memasang lampu
colok di setiap kampung. Al hasil, sebelum lebaran itu, kondisi lingkungan terlihat sangat indah di warnai oleh indahnya lampu colok.

“Dahulu luar biasa suasananya, pada akan mau lebara itu, seluruh masyarakat bersama-sama bergotong royong untuk memasang lampu colok, sehingga tak hanya indah, namun, suasanan kekeluargaan pun terjalin,” jelasnya.

Agar tradisi ini dibangkitkan kembali, mulai tanggal 27 ramadan hari ini bupati menghimbau seluruh masyarakat di kota pasir pengaraian untuk mulai memasang lampu colok di halaman dan kampung masing. agar suasana lampu colok tidak dikalahkan gemerlapnya lampu jalan, mulai malam 27 ramadan ini, pemkab rohul akan mematikan lampu jalan di titik tertentu yang di nilai tidak rawan akan kecelakaan. Diharapkan dengan adanya, lampu colok ini, suasana rohul mulai hari ini akan berbeda dan indah oleh keberadaan lampu-lampu colok.

“Kita akan matikan lampu jalan di titik tertentu sehingga suasananya akan berbeda dan di gantikan dengan lampu colok” sebut achmad

Untuk memotivasi masyarakat, achmad menyatakan bahwa pemerintah akan melakukan penilaian, bagi kampung yang terbaik dalam memasang lampu colok di daerah mereka pemerintah pemkab rohul akan mmberikan reward atau hadiah yang akan di berikan pada malam pawai takbir atau pada pelaksanaan solat id.***(Adv/hum)