Wako Lagi-lagi Ingatkan Antisipasi Karhutla
Wako Lagi-lagi Ingatkan Antisipasi Karhutla

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT mengingatkan kepada Camat dan Lurah serta turunnya ke bawah RW dan RT untuk selalu mengawal warga di wilayahnya masing-masing agar tidak melakukan pembakaran baik lahan maupun tumpukan sampah, karena akan berpotensi menambah buruknya kondisi udara di Kota Pekanbaru.

Hal itu diungkapkan Walikota, Selasa (14/7) saat menyampaikan pengarahan pada safari Ramadhan Pemko Pekanbaru di Masjid Al A’raf, Jl Tiuang, RW 01 Keleurahan Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai.

Dalam safari yang dihadiri oleh Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekda HM Syukri Harto, Para pejabat di lingkungan Pemko, serta pimpinan Bank Riau Kepri dan Bank DKI itu, Walikota menyebutkan bahwa pembakaran lahan yang terjadi saat ini dilakukan oleh orang-orang atau piahk-pihak yang tiadk manusiawi, selain merusak lingkungan juga akan merusak kesehatan manusia dengan kabut asap yang dihasilkannya.

“Camat, Lurah, RW dan RT, jangan lengah mengawal warga dan lingkungan masing-masing, karena kemarau yang cukup panjang ini sangat mudah menyulut api dan sangat cepat meluas. Tidak hanya lahan, bangunan gedung juga harus menjadi perhatian kita semua, karena dimusim kemarau ini percikan api yang kecil dalam sekejap akan bisa membesar dan menghanguskan lahan yang luas maupun pemukiman masyarakat,’’ ujar Walikota.

Karena itu, Walikota juga mengajak semua pihak untuk saling mengingatkan, apalgai bagi warga yang akan mudik lebaran agar benar- benar memastikan rumah yang ditringgalkan dalam kondisi aman.

“Sebelum berangkat menuju kampong halaman, agar pastikan rumah dalam keadaan aman, gas sudah dicabut, sambungan listrik saklar on off juga sudah dicabut kedua elemen ini sangat rentan memicu kebakaran, semua pintu dan jendela juga sudah terkunci. Dan yang terpenting lagi titipkan rumah kepada tetangga atau perangkat RT setempat,’’ ulas Walikota lagi.

Dalam kesempatan safari Ramadhan tersebut seperti biasa, walikota dan rombongan membawa oleh-oleh berupa Alquran, Jam dinding dan bantuan dana Rp25 juta yang diterima oleh Bayuzar SSos Ketua RW 01. Serta bantuan dari Bank Riau Kepri dan bank DKI.***(chir/hms)