Syamsuar: Ziarah Kubur di Hari Raya ke-6 Sesuai Syariat Islam
Syamsuar: Ziarah Kubur di Hari Raya ke-6 Sesuai Syariat Islam

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Syamsuar beserta Camat Mempura yang diwakili Kasi Kesos Merli Jofa, Danramil Siak M Adhar, Penghulu kampung Paluh dan masyarakat Kampung Paluh, Jum’at (24/7/15) melaksanakan ziarah kubur di hari raya enam.

Ziarah kubur serta halal bihalal yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kampung Paluh dilaksanakan di masjid Al Falah. Disampaikan Bupati Syamsuar kegiatan perayaan hari raya enam atau hari raya ketupat yang dilaksanakan di Kampung Paluh ini merupakan tradisi budaya dan sesuai dengan syariat Islam, dan tradisi ini ada kaitannya dengan syariat dan budaya karena dalam islam juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa enam dalam bukan syawal.

“Disamping itu dalam syariat kita dianjurkan untuk ziarah kubur dan ini bagian dari ibadah yang harus kita berikan kepada generasi kita supaya syariat ini bisa di pahami oleh generasi kita. Ziarah kubur ini adalah untuk mengingatkan kita bahwa kelak kita pasti akan menyusul ke alam kubur juga,” terang Syamsuar.

Sementara itu Kepala Kampung Paluh Sudib, mengungkapkan atas nama masyarakat Kampung Paluh menyambut baik dalam acara Hari raya enam yang dihadiri langsung Bupati Siak dan suatu kehormatan , karena ini sudah menjadi tradisi masyarakat yang di disertai dengan kegiatan ziarah kubur serta melaksanakan halal bihalal dengan masyarakat Kampung Paluh.

“Kami sangat berbangga atas kehadiran Bupati Siak dalam acara hari raya enam yang sudah menjadi tradisi masyarakat Kampung Paluh, dan hendaknya tradisi ini dapat kami pertahankan,” ungkap Sudib.

Usai acara makan ketupat bersama dilanjutkan dengan bersalam salaman dengan warga kampung Paluh.***(rls)