Forikan Siak Taja Lomba Masak Berbahan dasar Ikan

Forikan Siak Taja Lomba Masak Berbahan dasar Ikan
Forikan Siak Taja Lomba Masak Berbahan dasar Ikan

Siak(SegmenNews.com)– Forikan Kabupaten Siak bekerjasama dengan Dinas Peternakan Perikanan dan kelautan kabupaten Siak menggelar Sosialisasi Gemar Makan Ikan dan Lomba masak ikan berbahan dasar ikan, di hotel Winaria Selasa (28/7). Hadir dalam kesempatan tersebut hadir Ketua umum Forikan yang diwakili oleh Ketua Harian Hj. T. Siti Sahara, Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Susilawati dan narasumber dari Provinsi Riau Rosmiati dan Erdiana.

Ketua Harian Forikan Kabupaten Siak membacakan sambutan Ketua Umum Forikan Hj. Rasidah Alfedri, mengatakan kegiatan sosialisasi Gemar Ikan kali ini dirangkai dengan lomba masak berbahan serba ikan yang dilaksanakan pada hari kamis mendatang. Lomba masak berbahan serba ikan merupakan salah satu media dalam upaya menumbuh kembangkan minat orang tua untuk menciptkan menu yang disukai anak-anak.

Mengingat pentingnya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat dalam rangka peningkatan status gizi masyarakat untuk membentuk bangsa yang sehat, dan cerdas. Saya menyambut gembira dengan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Gemar Ikan dengan harapan tingkat konsumsi ikan masyarkaat di Kabupaten Siak pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya terus meningkat.

Khususnya kepada anak-anak, saya anjurkan agar lebih banyak makan ikan agar menjadi semakin pintar, kuat dan sehat sehingga dapat berprestasi dalam pendidikan dan olahraga dan kepada orang tua agar rajin membuat menu yang disukai anak-anak yang berbahan dasar ikan. Melalui kegiatan ini saya berharap akan tumbuh kecintaan oada pemeliharaan lingkungan perairan untuk habitat ikan dan makan ikan menjadi budaya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengurus Forikan atau pun TP PKK kabupaten Siak khususnya PKK kecamatan se Kabupaten Siak akan pentingnya memperbaiki konsumsi pangan berbahan dasar ikan untuk meningkatkan nilai gizi dan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Siak dengan memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan beragam dan bergizi, berbahan dasar ikan untuk kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada disekitar kita.

Sasarannya adalah pengurus Forikan kecamatan atau pengurus TP PKK kecamatan se Kabupaten Siak dengan jumlah peserta 150 orang utusan dari 14 kecamatan. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai tanggal 28 Juli dan hari kamis tanggal 30 Juli 2015.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Susilawati secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan program lanjutan pencanangan gemar makan ikan yang sebelumnya telah di laksanakan beberapa waktu yang lalu.

Di Siak ini lanjutnya, sudah dibentuk kepengurusan Forikan tingkat kecamatan yang diharapkan dapat menggalakan gemar makan ikan dan bisa membangun generasi-generasi yang berkualitas. Kita turut bangga karena tidak semua kabupaten/kota di provinsi Riau yang mempunyai lembaga Forikan ini hingga tingkat kecamatan.

Ia juga menyebutkan beberapa program peningkatan produksi perikanan, baik dari dana APBN, ABPD dan dana CSR dari Perusahaan, yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

Salah satu narasumber Rosmiati mengatakan dengan mengkonsumsi ikan, setidaknya seminggu sekali dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, dengan mengurangi pembekuan darah dan peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak darah, dan meningkatkan kadar kolestrol baik.

Dengan mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan fungsi otak, dan mempercepat metabolisme pertumbahan anak. Ikan yang banyak menggandung gizi tinggi, protein, vitamin A, B dan lemak Omega 3, yang sangat baik bagi tubuh dan bisa mencegah berbagai penyakit. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan demo memasak berbagai macam menu masakan yang berbahan dasar ikan.***(rls/rinto)